Matsama MAN Kota Pariaman : Banggalah Sebagai Siswa Madrasah

Matsama MAN Kota Pariaman : Banggalah Sebagai Siswa Madrasah

Pariaman, Inmas--Kepala Kankemenag Kota Pariaman H. Muhamad Nur meminta kepada seluruh peserta didik baru MAN Kota Pariaman untuk dapat mengenal terlebih dahulu lingkungan madrasahnya sendiri, baik itu sarana prasarana madrasah, guru, pegawai dan prestasi apa yang telah dimiliki madrasah.

M. Nur menyam­paikan permintaan ini di sela-sela upacara pembukaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) hari perta­ma dilaksanakan di hala­man madrasah MAN Kota Pariaman, Senin (15/7).

Hadir dalam kegiatan ter­sebut, Kepala madrasah, seluruh guru dan pegawai beserta siswa kelas XI dan XII. Tercatat seba­nyak 223 peserta didik baru MAN Kota Pariaman mengikuti pembukaan Matsama yang berlangsung sela­ma tiga hari tersebut.

M. Nur juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Matsama merupakan perkenalan bagi sis­wa/i baru, antara lain terhadap lingkungan sekolah, para guru atau tenaga pendidik serta te­man-teman mereka sesama pe­serta di­dik baru. Dengan mengikuti Matsama, diha­rap­kan siswa/i baru itu nanti dapat beradaptasi.

“Masa Taaruf memiliki arti yang sangat luas yaitu perkenalan, yang dimulai dengan masa perkenalan diantara siswa, perkenalan dengan lingkungan madrasah, maupun perkenalan dengan guru-guru,”  kata M. Nur dan berharap kegiatan MATSAMA bisa memudahkan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik sehingga dapat mengukir prestasi nantinya.

Selain itu, M. Nur juga mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang telah diterima dan bisa menimba ilmu di MAN Kota Pariaman, karna beliau beranggapan bahwa hanya orang-orang terpilh dan yang beruntunglah yang dapat melanjutkan pendidikan di MAN Kota Pariaman ini.  

“Banggalah sebagai siswa seorang siswa madrasah, karena para siswa belajar di lembaga yang luar biasa. Dan perlu diingat bahwa siswa madrasah berbeda dengan siswa di sekolah umum, yaitu kita punya karakter dan kode etik tersendiri," ujar M. Nur

Kepala MAN Kota Pariaman, Zalkhairi menyampaikan bahwa tujuan diaadakannya kegiatan MATSAMA  agar siswa-siswi baru mengenal secara detail program, tata tertib, dan lingkungan madrasah baik lingkungan didalam kelas  maupun diluar kelas serta dapat mengenal guru-guru yang akan menjadi pengajar dan pendidik mereka selama bersekolah di MAN Kota Pariaman.(Af)|DW