Pengenalan Ekstarkurikuler dan Kelas Olimpiade Awalai Tahun Ajaran Baru

 Pengenalan Ekstarkurikuler dan Kelas Olimpiade Awalai Tahun Ajaran Baru

Pariaman, Inmas—Kegiatan proses pembelajaran di MTsN 1 Kota Pariaman tahun pelajaran 2019/ 2020 dimulai pada hari Kamis (18/ 07). Hal tersebut karena ada kegiatan masa taaruf siswa madrasah (matsama) yang berlangsung tiga hari sebelumnya.

Sebelum proses pembelajaran efektif dimulai, para siswa dikenalkan dengan kegiatan eksrtakuriker, kelas olimpiade, dan kelas KSM (kompetisi sains madrasah) yang ada di MTsN 1 Kota Pariaman ini. kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari setelah kegiatan tahfiz Quran di halaman madrasah. Pengenalan ini disampaikan oleh wakil kepala bidang kurikulum, Nurul Hidayaty Suhaimi,S. Pd.

Ada pun kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTsN 1 Kota Pariaman ini ada sebanyak 21 macam. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pada jam kedua dan ketiga setelah kegiatan penyetoran tahfiz Quran. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah: karate, drumband, pramuka, futsal, voli, takraw, catur, tambua tasa, English club, kesenian Islami, kewirausahaan, tenis meja, dakwah, UKS, TPA/ TPSA, tilawah, PIKR, PKM, seni tari dan musik, kaligrafi, dan pidato bahasa Arab. Para siswa bebas memilih kegiatan yang disukainya sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Semua siswa wajib mengikuti kegiatan ini dengan memilih salah satu dari kegiatan tersebut.

Sementara itu, untuk kelas olimpiade dan kelas KSM dilaksanakan satu kali dalam seminggu yang dilaksanakan pada hari Senin- Kamis. Bidang studinya adalah Bahasa Inggris kelas VII, aqidah akhlak kelas VIII, Fiqih kelas VIII, SKI kelas VII, matematika kelas VII, matematika kelas VIII, dan IPA kelas VIII. Kelas olimpiade dan kelas KSM ini tidak diwajibkan. Namun, siswa juga boleh memilih yang ingin diikutinya.

“Kegiatan ekstrakurikuler ini bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa. Mereka bebas memilih salah satu dari kegiatan tersebut. Dengan banyaknya kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan bisa menampung semua minat dan bakat siswa yang ada. Di samping itu juga untuk persiapan berbagai lomba sesuai dengan kegiatan yang ada”, ungkap Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Ibu Nur Eliwati, S. Pd.

“Sedangkan kelas olimpiade bidang studi dan kelas KSM adalah kelas yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, berarti kita sudah mempersiapkannya dari awal. Jadi, kapan pun lomba tersebut, kita bisa siap dengan cepat”, tambah beliau. (Delsi).|Mira