Usai Dilepas Danlantamal, Bupati Dharmasraya Sambangi Jemaah Kloter XIV

Usai Dilepas Danlantamal, Bupati Dharmasraya Sambangi Jemaah Kloter XIV

Padang, Inmas—Berselang beberapa saat setelah keberangkatan Kloter XIII menuju Bandara International Minangkabau (BIM), jemaah kloter XIV (empatbelas) mulai berdatangan di asrama haji Embarkasi Padang, Kamis Sore (18/7)

Jemaah Kloter XIV berasal dari Kabupaten Dharmasraya dan Kota Padang. Danlantamal II diwakili Kepala Dinas Administrasi Personalia, Zulkarnaini bersama Plt. Kakanwil Kemenag Sumbar melepas secara resmi pada Kamis Malam.

Hadir dalam kegiatan melepas ini Plt. Kabid PHU, Efrizal, Kakan Kemenag Kabupaten Dharmasraya Abdel Haq dan Plt. Kakan Kemenag Kota Padang, Tan Gusli.

Mengawali arahannya, Danlantamal II diwakili Kepala Dinas Administrasi Personalia, Zulkarnaini mengungkapkan rasa bangga karena bisa bertemu dengan jemaah calon haji. Ia juga teringat pengalamannya saat menunaikan ibadah haji dan berbagi sedikit kebagahian dengan jemaah.

“Saya merasa bangga saat pembacaan talbiyah bapak dan ibu sudah berderai air mata, ini yang sulit. Jika air mata itu mudah kita keluarkan, di Tanah Haram nanti keluarkan terus racun mata itu karena akan bersinar kembali. Itu adalah refleksi dan terapi hati kita,” ungkap Zulkarnain.

Haji adalah dambaan setiap muslim, cita-cita kita berhaji. Disamping itu kita ingin melaksanaan yang terbaik. Maka ada beberapa hal yng kami pesankan kepada jemaah dalam mencapai haji yang mabrur.

Pertama luruskan niat untuk melaksanakan haji, mencari ridha Allah. Berupaya menjauhi sifat-sifat yang merusak amal mulai dari sifat ria, kegembiraan luar biasa, ingin dipuja. Jauhi sifat yang menambah dalam pelaksanaan ibadah.

“Saya yakin ilmu bapak dan ibu sudah sudah lengkap saat manasik haji, jangan menambah yang tidak ada dalam rukun dan sunat haji,” pinta Danlantamal.

Kemudian saya pesankan untuk taawun (saling tolong menolog), peduli dengan teman sesama jemaah.  “Jangan melalaikan ibadah dengan pernak pernik belanjaannya. Perbanyak sabar, karena semua ingin melaksanakan haji yang sempurna maka ada yang berdesak. Karena sabar itu juga lebih tinggi nilanya,” katanya mengingatkan

Dipenghujung acara, Ketua Kloter Jhon Of Rizal One menerima bendera dari Danlantamal tanda jemaah diserahkan secara resmi. Selanjutnnya peneyrahan mikrofon dari Plt. Kakanwil kepada Pembimbing aIbadah, Asfar Amir didampingi dokter dan tim medis.

Sementara itu Bupat Dharmasraya Sultan Riska juga menemui jemaah Dharmasraya secara khusus usai acara melepas secara resmi. Ia juga mengucapkan selamat dan mendokan jemaah selamat pergi dan pulang.

“Kita membangun daerah butuh kesabaran butuh waktu dan tenaga yang ekstra. Mohon doa untuk diberi kemudahan membangun Dharmasraya dan Indonesia pada Umumnya,” pinta Bupati termuda ini.

Kepada jemaah Sultan Riska berpesan, karena haji ibadah fisik maka jaga kesehatan, baik yang tua dan yang muda maupun pembimbing.

“Bapak dan ibu adalah keluarga besar yang tidak bisa dipisahkan. Ikuti anjuran dokter dan ketua kloter. Kami mengingatkan bapak ibu untuk saling menjaga satu sma lain karena perjalanan sangat jauh,” pesan Sultan Riska. RinaRisna