Ariq Rifki Nurhafis, Peraih Medali Perunggu KSM Nasional 2019

Ariq Rifki Nurhafis, Peraih Medali Perunggu KSM Nasional 2019
Ariq Rifki Nurhafis, Peraih Medali Perunggu KSM Nasional 2019

Agam, Inmas--Ariq Rifki Nurhafis, siswa MAN 3 Agam anak dari pasangan suami istri Doddy Iskandar dan Ratih Widyanti yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional 2019 dibidang Fisika Terintegrasi di Manado Sulawesi Utara berhasil menduduki peringkat ke-III Nasional dengan membawa pulang Medali Perunggu. Kompetisi yang diikuti oleh 34 Provinsi tersebut diadakan pada tanggal 16 s.d 20 September 2019. Sumatera Barat berada direngking 6 dengan perolehan 2 Medali emas, 3 Medali perak dan 4 Medali perunggu.

Hj. Yesimakhmi, M.Pd selaku Kepala MAN 3 Agam sangat bangga dan sangat terharu atas prestasi yang berhasil diraih oleh Ariq yang mengharumkan nama MAN 3 Agam. Dirinya mengatakan bahwa saat  nama Ariq masuk nominasi siswa penerima medali KSM 2019, dirinya sangat harap-harap cemas menantikan apakah Ariq berhasil nantinya memperoleh medali tersebut dan mengharumkan nama MAN 3 Agam. Kemudian saat mengetahui Ariq berada diperingkat ke-III dan berhasil membawa pulang Medali perunggu, dirinya sangat merasa lega dan terharu seperti yang diungkapkannya saat ditemui selepas kepulangannya dari Manado.

“Rasa syukur dan bangga yang tak henti-hentinya saya ucapkan saat mengetahui bahwasannya Ariq berhasil menduduki peringkat ke-III pada KSM Tingkat Nasional 2019 ini. Ariq mampu mengharumkan nama MAN 3 Agam meski MAN 3 Agam berlokasikan ditengah perkampungan. Itu semua tak luput dari semangat Ariq dan guru pembimbing untuk terus berusaha serta do’a bersama yang telah dilakukan selepas Sholat Dhuha oleh siswa/siswi dan guru juga menjadi faktor keberhasilan Ariq,” ungkapnya.

Perjalanan Ariq dimulai dari KSM tingkat kabupaten yang dilaksanakan di MAN 3 Agam pada bulan Agustus 2019 lalu, dan berhasil melangkah menuju Tingkat Provinsi. Pada Tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada bulan September 2019, Ariq berhasil memperoleh Peringkat I yang dibimbing langsung oleh Dra. Esi Suweti, M.Si selaku pembimbing KSM  dibidang Fisika Terintegrasi dan merupakan guru MAN 3 Agam. Dengan memperoleh Peringkat I Tingkat Provinsi, maka Ariq berlanjut pada KSM Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Manado sulawei Utara tanggal 16 s.d 20 September 2019.

Dengan prestasi yang telah berhasil dicapai oleh Ariq maupun siswa dan siswi lainnya, diharapkan dapat mengenalkan nama MAN 3 Agam sebagai Madrasah berprestasi. Meskipun berlokasikan ditengah perkampungan tapi dengan semangat yang luar biasa mampu melahirkan siswa dan siswi yang berprestasi tidak hanya dibidang Akademik melainkan juga dibidang Non Akademik.(mumun)|Mira