Nagari Maninjau Segera Punya Rumah Tahfiz

Nagari Maninjau Segera Punya Rumah Tahfiz

Maninjau, Inmas--Masyarakat Kenagarian Maninjau secara sukarela melaksanakan gotong royong pengecoran lantai II Rumah Tahfiz Mesjid Raya Maninjau, Minggu (29/9). Kegiatan yang juga dihadiri Camat dan Kepala KUA Kecamatan Tanjung Raya ini berjalan dengan lancar serta penuh dengan suasana kekeluargaan.

Pengerjaan pembangunan Rumah tahfiz ini sebenarnya sudah dimulai 2 bulan yang lalu dan sekarang sudah memasuki tahap pengecoran lantai II. Adapun untuk pengerjaan pengecoran lantai II ini dilaksanakan secara bergotong royong oleh masyarakat Nagari Maninjau terutama yang ada di Jorong Kubu Baru dan Jorong Pasar.

Pada kesempatan Gotong Royong tersebut Camat Kecamatan Tanjung Raya Handria Asmi merasa bangga dengan kesadaran dan rasa kekeluargaan yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di Nagari Maninjau. "Ini luar biasa, semangat gotong royong masih terjaga dalam diri masing-masing warga masyarakat", katanya.

Selain memuji semangat kekeluargaan masyarakat, Handria Asmi juga mengapresiasi pendirian Rumah Tahfiz tersebut. "Pembangunan Rumah Tahfiz tempat dimana nanti anak-anak belajar dan menghafal Al Qur'an selaras dengan cita-cita Pemerintah Kabupaten Agam yakni mewujudkan Agam yang Madani", imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kepala KUA Kecamatan Tanjung Raya Mafachir juga menyampaikan harapan terkait dengan Pembangunan Rumah Tahfiz tersebut, "Adanya Rumah Tahfiz ini kedepan harus benar-benar dimanfaatkan oleh generasi muda yang ada di Nagari Maninjau sebagai tempat belajar dan menghafalkan Al-Qur'an" , harapnya.

"Keberadaan Rumah Tahfiz bisa menjadi titik awal mewujudkan Nagari Maninjau sebagai Daarul Qur'an, sehingga dengan begitu Nagari Maninjau dimasa yang akan datang selalu diberkahi Allah SWT dan terhindar dari berbagai musibah serta mara bahaya," timpalnya lagi. 

Sementara itu Ketua Pengurus Mesjid Raya Maninjau, sekaligus Penanggung Jawab pembangunan Rumah tahfiz Seirazi Dt Alat Cumano menjelaskan bahwa adanya pembangunan Rumah Tahfiz tersebut menjawab apa yang menjadi cita-cita dan keinginan Masyarakat Nagari Maninjau terkhusus yang berada Jorong Kubu Baru dan Jorong Pasar untuk bisa memiliki sebuah bangunan Rumah Tahfiz Al-Qur'an permanen.

"Sejak Program Tahfiz Qur'an yang diinisiasi perantau ini digulirkan di Nagari Maninjau pada tahun 2017, pelaksanaannya diadakan di dalam ruangan Mesjid Raya Maninjau, dengan kegiatan yang begitu banyak di Mesjid pelaksanaan Tahfiz Qur'an menjadi tidak maksimal. Berawal dari sanalah adanya keinginan dari Pengurus Mesjid, Jemaah dan Masyarakat agar didirikan sebuah bangunan khusus untuk Tahfiz", tambahnya lagi.

Terpisah Bendahara pembangunan Rumah Tahfiz Qur'an Mesjid Raya Maninjau Muhammad Syukur menyampaikan total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut adalah Rp. 508 juta (Lima Ratus Delapan Juta Rupiah). Adapun dana yang sudah berhasil dihimpun berjumlah Rp. 320 juta (Tiga Ratus Dua Puluh Juta Rupiah).

"Dana tersebut berasal dari sumbangan masyarakat Nagari Maninjau, Perantau dan para Dermawan yang peduli dengan pendidikan Al-Qur'an. Kami optimis bahwa proses pembangunan bisa cepat selesai melihat antusiasme dan kepedulian masyarakat terhadap pembangunan Rumah Tahfiz ini", jelasnya.(MuSyukur/Rina)