247 Jamah Calon Haji Lima Puluh Kota Untuk Tahun 2020 Menerima Pembekalan Awal

247 Jamah Calon Haji Lima Puluh Kota Untuk Tahun 2020 Menerima Pembekalan Awal

Sarilamak, Inmas--badah haji merupakan satu rangkaian kegiatan ibadah yang harus dipersiapkan secara baik dan terprogram. Baru dua bulan yang lalu Jamaah haji Lima Puluh Kota tahun 2019 sampai di tanah air. Selasa (01/10) 247 orang jamaah calon haji Lima Puluh Kota untuk tahun 2020 memadati Aula Kemenag Lima Puluh Kota untuk memulai rangkaian persiapan ibadah haji 2020.

H.Safrijon Kasi Haji dan Umroh Kemenag Lima Puluh Kota dalam hantarnya menyampaikan, “Ini merupakan pertemuan awal untuk jamaah calon haji tahun 2020, pertemuan ini diharapkan dapat memberikan berbagai informasi dasar kepada jamaah calon haji, terkait pelaksanaan haji musim 1441 H”, jelas putra blok M tersebut.

Disampaikan juga bahwa “Untuk tahun 2020 jamaah calon haji dari Lima Puluh Kota berjumlah sebanyak 247 orang yang merupakan kuota reguler, terkait untuk kuota tambahan belum bisa dipastikan saat ini, yang jelas penambahan kouta itu berdasarkan sistem komputerisasi layanan haji yang lebih kita kenal dengan SISKOHAT”, tegas Buya Safrijon.

 

Sementara itu H.Ramza Husmen Kepala Kemenag Lima Puluh Kota dalam arahanya menyampaikan, “Pemerintah melalaui  Kementerian dan Lembaga negara lainya memiliki komitmen serta tanggung jawab untuk memberikan layanan haji yang berkualitas kepada umat”. Lebih detil dijelaskan Undang-undang menjamin setiap jamaah haji untuk mendapatkan hak Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan dari negara”.

“Oleh sebab itu Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat untuk terus melakukan berbagai ikhtiar perbaikan kualitas layanan haji dari waktu kewaktu”, terang putra Kamang tersebut. Dijelaskan pula bahwa bahwa Indeks Kepuasan Jamaah Haji tahun 2018 berada pada angka 85,3 dengan kategori sangat memuaskan, untuk tahun 2019 kita masih menunggu survei yang dilakukan oleh BPS pusat, yang secara pribadi saya yakini indeks tersebut akan bergerak keatas’, harap Ramza.

Disisi lain Ramza mengingatkan seluruh jamaah untuk terus istiqomah bahwa ibadah haji merupakan pangilan mulia yang datang dari Allah S.W.T kepada hamba yang dikehendakinya, oleh sebab itu saya mengajak seluruh jamaah calon haji untuk terus menjaga niat suci tersebut”. “Jangan sampai panggilan mulia tersebut dikotori dengan niat diluar ibadah, sekali lagi saya mengajak selurunya untuk terus istiqomah dalam niat yang suci”, pinta Ramza.

Terakhir Ramza berpesan agar seluruh jamaah calon haji untuk terus menjaga kesehatan lahir dan bathin, “Pelaksanaan ibadah haji memerlukan dukungan fisik yang prima, mari jaga kesehatan Bapak-Ibu, mudah-mudahan seluruh jamaah calon haji Lima Puluh Kota dimudahkan oleh Allah S.W.T dalam menjalankan seluruh prosesi ibadah”, pungkas Ramza.

Bustaman salah satu jamaah calon haji tampak terharu setelah mengikuti kegiatan perdana ini,”Ambo lah labih tigo puluh tahun ba cito-cito untuk naik haji, Alhamdulillah porsi ambo kalua untuk tahun 2020 mudah-mudahan Allah.S.W.T panjangankan umur dan berikan kesehatan untuk dapat menyempurnakan rukun Islam”, harap Bustamam (APP)|Mira