Siswa MAN 3 Agam Ikuti Tes Bakat Skolastik

Siswa MAN 3 Agam Ikuti Tes Bakat Skolastik

Agam, Inmas--Hari ini Selasa (01/10), seluruh siswa kelas XII MAN 3 Agam sebanyak 67 orang mengikuti Tes Bakat Skolastik (TBS) di labor CBT1 dan CBT2 MAN 3 Agam yang akan berlangsung sampai dengan hari Kamis (03/10). Peserta dibagi menjadi tiga sesi, sesi pertama dimulai dengan siswa jurusan IPA, dilanjutkan dengan jurusan IPS untuk sesi ke dua dan diakhiri dengan jurusan IPK disesi ke tiga.

Pada TBS hari pertama ini , dari ketiga subtes yang diujikan tersebut hampir seluruh siswa mendapat skor yang rendah pada Subtes Kuantitaif dibandingkan dengan Subtes Verbal dan Subtes Penalaran. Hal itu dibuktikan dengan hasil skor yang muncul setelah siswa menyelesaikan tes tersebut.

TBS bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa jika mereka ingin memasuki perguruan tinggi. Jadi dengan mengikuti TBS ini nantinya siswa dapat mengetahui seperti apa soal-soal yang akan diujikan jika mereka akan melanjutkan pendidikan jenjang Perguruan Tinggi. Ada tiga subtes yang diujikan, yaitu Subtes Verbal, Subtes Kuantitatif dan Subtes Penalaran. Pada subtes Verbal, soal tes yang diujikan berkaitan dengan masalah kata/bahasa seperti sinonim, antonim, analogi dan wacana. Sedangkan pada subtes Kuantitatif, soal yang diujikan berhubungan dengan matematika yakni, deretan angka, aritmatika, aljabar, dan geometri. Pada subtes Penalaran, soalnya berhubungan dengan logika, diagram dan analitis.

Kepala MAN 3 Agam, Hj. Yesimakhmi mengatakan bahwa TBS ini sangat berguna nantinya sebagai alat tolak ukur kemampuan siswa dalam mengantarkannya ke Perguruan Tinggi seperti yang diungkapkannya saat ditemui diruangannya, “Alhamdulillah, TBS hari ini berjalan dengan lancar walaupun siswa agak kesulitan menjawab soal karena ini kali pertamanya mereka mengikuti TBS dan menjawab soal-soal yang diujikan. Harapannya dari tes ini agar siswa dapat mengukur atau memprediksi sampai dimana kemampuan mereka untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi yang mereka inginkan. Kedepannya , siswa harus lebih banyak berlatih menyelesaikan soal-soal TBS ini agar mendapatkan skor yang lebih baik”.

Selain itu Hj. Yesimakhmi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah sukses mengangkat kegiatan Tes Bakat Skolastik (TBS) ini.

(Mumun)|Mira