MUI Dharmasraya Laksanakan Rapat Kerja Tahun 2020

MUI Dharmasraya Laksanakan Rapat Kerja Tahun 2020

Dharmasraya, Inmas--Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia, sehingga eksistensi di masyarakat sangat didambakan dalam rangka untuk mempersatukan dalam panji agama islam.

Sebagai bentuk adanya kinerja MUI Kabupaten Dharmasraya siang ini Selasa (15/10) pengurus MUI Dharmasraya laksanakan rapat kerja di ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya untuk membahas pelaksanaan kegiatan 2019 dan perencanaan kegiatan tahun 2020.

Rapat Kerja MUI Dharmasraya diawali dengan sambutan sekaligus arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya H. Abdel Haq yang memberikan support kepada pengurus MUI yang melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya di tengah-tengah umat walaupun tidak digaji atau dibayar oleh pemerintah dengan berpegang teguh amar ma’ruf nahi mungkar.

Dalam rapat tersebut untuk kegiatan tahun 2019 adalah pembahasan pelaksanaan muzakarah MUI dengan menghadirkan narasumber dari Jakarta Ketua Bidang Fatwa MUI Propinsi DKI Jakarta, Fuad Tohari yang direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan November 2019 nanti.

Sedangkan agenda lain adalah pelaksanaan pemberdayaan MUI Kecamatan dengan tujuan untuk membangkitkan kembali ulama di nagari dalam rangka menyongyong zaman mileneal, agar generasi bangsa tidak semakin tergerus arus perkembangan zaman kearah yang negatif tambah Aminullah Salam selaku Ketua MUI Kabupaten Dharmasraya.

Dalam rapat kerja tersebut semua pengurus MUI Dharmasraya sepakat untuk tahun 2020 melaksankan kegiatan operasi pasar yang bekerjasama dengan Dinas Koperindag dan UKM dan juga Dinas Peternakan untuk mengawasi pelaksanaan muamalah masyarakat agar lebih mendekati dengan syariat islam. Mengingat banyaknya permasalahan ditengah-tengah masyarakat maka sudah sewajarnya adanyan pemberdayaan pengurus MUI untuk mengawasi kondisi keagamaan di tengah masyarakat, namun hal itu semua tentunya tidak terlepas dari peranan Pemda Dharmasraya dalam memberikan bantuan dana kepada MUI.(sarwono)vn