“Panen Wortel dan Timun”, Pelajar MAN 3 Agam Nikmati Hasil Kebun Sendiri

“Panen Wortel dan Timun”, Pelajar MAN 3 Agam Nikmati Hasil Kebun Sendiri
“Panen Wortel dan Timun”, Pelajar MAN 3 Agam Nikmati Hasil Kebun Sendiri

Rabu (13/11/2019) pelajar MAN 3 Agam turun ke lahan kebun MAN 3 Agam untuk memanen wortel dan timun. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Helmi, S.Ag, M.Pd, selaku pengawas satuan pendidikan MA pada saat monitoring PBM semester ganjil.

Kegiatan bercocok tanam merupakan salah satu proses pembelajaran pada mata pelajaran Kewirausahaan yang bertemakan “Budi Daya Tanaman Pangan” yang dibimbing langsung oleh guru Kewirausahaan yaitu, Sulasmi, M.Pd, Arni Novita, SE, Zurmiati, SE dan Dra. Esi Suweti, M.SI.

Bermacam-macam sayuran yang ditanam di lahan tersebut sesuai dengan kelas masing-masing. Terdapat 10 kelas yang mengikuti pembelajaran ini. Setiap kelas bertanggung jawab untuk menanam tanamannya sendiri di lahan kebun yang sudah dibagi perkelas. Sayur-sayuran yang ditanam diantaranya wortel, timun, jagung, sawi dan bayam. Bibit-bibit tersebut sebagian diperoleh dari mereka sendiri dan sebagian lagi diperoleh dari guru MAN 3 Agam.

Pelajaran Budi Daya Tanaman Pangan sudah dimulai dari bulan Juni dengan pembelajaran teori terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan praktik pada pertengahan september. Tujuan dari pembelajaran ini agar siswa belajar dan melatih keterampilannya dalam bercocok tanam. Seperti yang diungkapkan oleh Sulasmi ketika ditemui selepas memanen, “kegiatan ini tujuannya agar siswa bisa belajar bagaimana cara berkebun dan merasakan bagaimana orang tua mereka bekerja di kebun. Meskipun kebanyakan dari mereka tinggal di perkampungan namun tidak semua dari mereka yang bisa bercocok tanam”.

Hasil tanaman yang telah mereka panen sebagiannya untuk mereka nikmati sendiri dan juga sebagian lagi dijual kepada guru dan pegawai MAN 3 Agam. (Mumun)