Empat Kepala Madrasah Hari ini Resmi Dilantik

Empat Kepala Madrasah Hari ini Resmi Dilantik
Empat Kepala Madrasah Hari ini Resmi Dilantik
Empat Kepala Madrasah Hari ini Resmi Dilantik
Empat Kepala Madrasah Hari ini Resmi Dilantik

Padang, Inmas—Hajat Nasional dalam bentuk Pelantikan Kepala Madrasah 3 Kabupaten Kota kembali digelar di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Senin (20/01).

Ucapan selamat disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri atas dilantiknya empat Kepala Madrasah dari 3 Kabupaten Kota di Sumatera Barat tersebut. H. Hendri menegaskan bahwa, “Kita harus tegak lurus sesuai regulasi yang ada berdasarkan PMA 58 tahun 2017 pasal 9 ayat 4 bahwa yang mengangkat dan melantik Kepala Madrasah itu adalah Kepala Kantor Wilayah, oleh karena itu Kepala Madrasah Aliyah dilantik Kakanwil karena atasan langsungnya memang Kepala Kantor Wilayah.” Ujar Hendri.

“Dan pasal 9 ayat 5 PMA 58 tahun 2017 menerangkan juga pelantikan boleh didelegasikan kepada Kakan Kemenag disertai dengan Surat Kuasa Kakanwil Kepada Kakan Kemenag, jadi Pelantikan Kepala Madrasah itu kewenangan penuh pada Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat,” tambah Hendri.

“Bapak dan ibu yang dilantik hari ini sudah melalui kajian panjang yang tertuang dalam bentuk panitia seleksi (pansel),” sampai H. Hendri lagi.

Ia berpesan kepada Kasi GTK bersama Kasubag Kepegawaian agar mengkaji kembali Kepala Madrasah yang sudah menduduki jabatannya lebih dari 4 tahun, jika telah 4 tahun atau lebih maka laksanakan sesuai PMA 58 tahun 2017 dengan maksud menghindari munculnya kebosanan dalam bertugas serta untuk penyegaran dan memunculkan inovasi-inovasi baru sehingga bisa bermanfaat demi kemaslahatan pendidikan kedepan.

“Bicara masalah rotasi, promosi termasuk demosi merupakan pakaian aparatur sipil Negara. Jabatan itu amanah, titipan, selama memangku jabatan perbanyak lah melakukan inovasi, melakukan kebaikan, melakukan perobahan demi perobahan, karena itu yang akan dikenang jika kita tidak bertugas lagi. Untuk pejabat yang ditempatkan di tempat baru silahkan melanjutkan pembangunan dari pejabat sebelumnya agar lebih maju lagi,” lanjut Hendri.

Lebih lanjut disampaikannya, “tantangan ke depan sangatlah berat, pertama fokus tingkatkan kompetensi, kedua harus berkolaborasi, Madrasah itu akan besar jika kita berkolaborasi dalam bertugas, ketua tim yang hebat adalah yang mampu menggerakkan, memotivasi, menyatukan berbagai elemen dibawahnya, menggerakkan maksimal anggota timnya untuk mencapai tujuan kita, yaitu madrasah hebat bermartabat, ketiga komunikasi, komunikasi bukan hanya horizontal tapi juga vertikal termasuk komunikasi ke bawah, komunikasi yang bagus akan membangun persepsi yang baik, persepsi yang baik akan membentuk fikiran yang husnudzhan, fikiran yang husnudzhan akan menyatukan kita menjadi tim yang kuat, solid, dan kompak.”

“Bapak dan Ibu merupakan perpanjangan tangan Kakanwil bidang teknis di Kabupaten Kota sehingga melahirkan Sumber Daya yang hebat, berkarakter dan berkualitas. Kita harus taat kepada regulasi yang telah ditentukan sesuai  PP 53 tahun 2010 pasal 3 ayat 4 yang isinya menaati semua ketentuan peraturan perundang undangan, keempat melakukan inovasi inovasi melalui kajian kajian  agar tidak berdampak negatif. inovasi itu adalah kode etik Kementerian Agama, perubahan atau inovasi yang baik nantinya akan meninggalkan warisan bermanfaat bagi pejabat yang akan menduduki nantinya,” ulasnya lagi.


“Agar amanah ini bisa dilaksanakan dengan sebaiknya sesuai peraturan berlaku, kepada pendamping baik suami atau istri agar dapat  mendukung dengan maksimal  pasangannya atas pekerjaannya. Saya titip madrasah Aliyah kepada Bapak dan Ibu semua agar dapat dijaga , dipelihara dan dan  ditingkatkan kwalitasnya,” ujar Kakanwil mengakhiri sambutannya.  

Adapun 4 Kepala Madrasah yang dilantik hari ini  yaitu,  Nurhayati, sebelumnya Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Solok rotasi menjadi Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Solok (MAN Singkarak), Marion jabatan sebelumnya Kepala Madrasah Tsanawiyah Kota Solok promosi menjadi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Solok, selanjutnya, Zulkifli sebelumnya Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kab. Solok Selatan promosi menjadi Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Solok Selatan, dan terakhir, Amri J sebelumnya Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Kab. Solok Selatan rotasi ke Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kab. Solok Selatan . [DW]