Buka MCW XIII KPPL Kemenag Sumbar, Kakanwil Sampaikan 10 Manfaat Menulis

Buka MCW XIII KPPL Kemenag Sumbar, Kakanwil Sampaikan 10 Manfaat Menulis
Buka MCW XIII KPPL Kemenag Sumbar, Kakanwil Sampaikan 10 Manfaat Menulis

Padang, Inmas  -- Kembali KPPL Kemenag Sumbar bersama MediaGuru adakan Kelas Menulis. Biasanya kegiatan serupa diikuti oleh guru-guru, kali ini beda, pada kesempatan ini KPPL Kemenag Sumbar mengadakan kelas khusus VIP yang ditujukan bagi unsur pimpinan dan Kepala Madrasah.

Kegiatan yang berjudul MediaGuru Writing Camp ( MWC) XXIII KPPL Kemenag Sumbar ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, BH. Hendri. Kegiatan yang diikuti oleh lebih kurang 150 orang dibuka hari ini Rabu (22/01/2020) bertempat di Rocky Hotel Padang.

Saat memuka secara resmi kegiatan ini Kakanwil berkesempatan menyampaikan. Menurutnya ada supul manfaat menulis,diantaranya pertama menulis mencegah kepikunan karena menulis erat sekali kaitannya dengan kerja otak. Sebagaimana tubuh membutuhkan olahraga, dan hati butuh ibadah, otak juga butuh olahraga. Dan olahraga otak dengan melatihnya terus berfikir positif.

 Kedua Menulis merupakan instrumen perekam jejak sejarah.

“Menulis adalah satu dari sekian banyak instrumen perekam jejak sejarah, dan wasilah ini yang paling banyak tersebar dan mudah di dapat, kita mengenal kehidupan para nabi, ulama salaf, orang-orang besar, asal usul suatu negeri, dan yang lainnya adalah lewat tulisan.” katanya

Kemudian putra Agam ini melajutkan manfaat menulis yang ketiga, menulis merupakan Instrumen untuk menjaga ilmu, pendapat, pemikiran, opini, dan argument dari keraiban, dan untuk menyebarkannya secara lebih luas.

 Keempat, menulis merupakan media dakwah yang sangat bermanfaat.

“ Tulisan adalah salah satu media dakwah yang sangat bermanfaat dan daya sebarnya sangat luas, terlebih di zaman berteknologi canggih seperti sekarang ini. Kita bisa menulis sebuah ilmu, dan sesaat itu pula tulisan kita bisa dibaca dan terambil faidahnya oleh mereka yang tinggal jauh di benua lain.” terangnya

 Kemudian berturut-turut Kakanwil menyampaiakn Manfaat kelima hingga kedelapan dari manfaat menulis diantaranya menulis adalah media belajar, Menulis akan membuat hidup produktif dan usia tak terbuang sia, Menulis akan membentuk pribadi yang bijak dan santun, Menulis akan menghasilkan ide-ide baru.

Dengan menulis seseorang akan berfikir dan terus berusaha mengembangakan pemahamannya dan kemampuan dirinya. motivasi inilah yang akan mendobrak dirinya menemukan ide-ide baru, karena di saat ia terjun dalam dunia tulis menulis, dirinya terus tertantang membuat gebrakan baru untuk menelurkan ide-ide dan gagasan teranyarnya.

Manfaat kesembilan menulis adalah salah satu media komunikasi yang terbaik. Menulis adalah media komunikasi kita dengan orang lain, media untuk menyampaikan apa yang kita inginkan, menyebarkan apa yang kita gagaskan, dan mengajak orang lain serta menggiring mereka untuk ikut berfikir dan berkembang.

Manfaat kesepuluh adalah menulis akan melatih diri siap dikritik dan dievaluasi oleh yang lain serta melatih pemecahan sebuah masalah.

Menulis adalah media untuk menelurkan gagasan, menyampaikan ide-ide, dan mengkisahkan apa yang terpikirkan. di saat gagasan dan ide-ide itu tersebarkan dan terbaca oleh kalayak ramai, di saat itulah beragam opini akan muncul, entah itu setuju, atau berupa penegasan, atau ketidaksetujuan, berupa batahan atau sanggahan.

“ Dan masih banyak sekali manfaat dari seringnya menulis, apa yang saya sampaikan di atas hanyalah sebagian kecilnya, besar harapan semoga berfaidah dan banyak memberikan manfaat serta menjadi motivasi bagi yang lain untuk menghidupkan dan membiasakan diri dalam dunia tulis menulis.” ungkapnya

Diakhir penyampaian Kakanwil berharap jadikanlah menulis sebuah rutinitas keseharian, baik menulis di atas kertas atau di lembaran-lembaran dunia maya. Dan menulis ini akan melengkapi usaha dakwah kita di masyarakat, karena hasil menulis berupa ilmu-ilmu yang terbukukan baik di dunia nyata atau dunia maya masih bisa dimanfaatkan mereka di rumahnya masing-masing, dibaca, ditelaah, disimpulkan, dan bisa menjadi bahan diskusi langsung saat ngaji bersama guru-gurunya.

Kegiatan MCW ini dilaksanakan oleh KPPL Kemenag Sumbar bekerjasama dengan MediaGuru dan didukung sepenuhnya oleh Kanwil Kemenag Sumbar, dengan Ketua Panitia Ramli. Hadir dalam kesempatan pembukaan Mohammad Ihsan selaku Pimpinan Umum MediaGuru dan CEO Gurusiana yang juga akan memberikan materi pada peserta, Kabid PENMAD Syamsul Arifin, beberapa orang Kakankemenag Kab/Kota, Ketua KPPL Sumbar Agusrida, Ketua KPPL Kota Padang yang juga Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Bahirni serta beberapa Ketua KPPL Kemenag Kab/Kota di Sumbar. (Mira)