H. Alizar Chan Sampaikan Arahan Pada RAT KPN Syariah Kemenag Tanah Datar

H. Alizar Chan Sampaikan Arahan Pada RAT KPN Syariah Kemenag Tanah Datar

Batusangkar, Inmas --Rapat Anggota Tahunan ( RAT) KPN Syari'ah Kemenag Kabupaten Tanah Datar Ke. 37 Tahun Buku  2019 digelar di MAN 2 Tanah Datar Lima Kaum Batusangkar Sabtu (14/3).

RAT KPN Syari'ah tersebut dihadiri Kepala Plt. Kemenag Kab. Tanah Datar H. Alizar Chan, Dewan Pengawas Syariah H. Syukri Iska , Kabid Koperasi Koperindag Tanah Datar Lola Nasution, SH, Sekretaris PKPRI Cabang Tanah Datar Masni Yulatri.

Selama tahun 2019 KPN Syariah Kemenag Kabupaten Tanah Datar berhasil memperoleh dana SHU (Sisa Hasil Usaha) sebesar Rp. 869 Juta. Dari hasil laporan Ketua  KPN Syariah  Kemenag Tanah Datar Haji Yusmarli menjelaskan sampai per 31 Desember 2019 yang lalu, modal KPN Syariah Kemenag berjumlah sebesar Rp. 21 Milyar lebih. 

jika dibandingkan dengan SHU yang diperoleh KPN Syariah Kemenag Tahun 2018 yang lalu memang mengalami penurunan dimana tahun 2018 tersebut KPN memperoleh SHU sebesar Rp. 892,6 juta.

 

Terjadi penurunan SHU KPN Syariah Kemenag Kabupaten Tanah Datar di Tahun 2019 disebabkan terjadinya penurunan margin sebesar 0,82 persen semenjak bulan Juli 2019.

Untuk pembagian Sisa Hasil Usaha  (SHU) yang dibagikan kepada masing masing anggota KPN Syari'ah Kemenag Kabupaten Tanah Datar sebesar 100 persen terhitung mulai dari Tahun 2019  dan dibayarkan menjelang lebaran.

Sementara Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar H. Alizar Chan selaku Pembina KPN Syariah Kemenag  Tanah Datar dalam arahanya memberikan apresiasi kepada pengurus dan anggota KPN Syariah Kemenag yang telah mampu membangkitkan fungsi KPN yang telah terpuruk sebelumnya .

 

Dalam kesempatan tersebut H. Alizar Chan menghimbau pengurus dan anggota KPN Kemenag agar dapat menjadikan keterpurukan itu menjadi pelajaran untuk masa yang akan datang.

 

Untuk lebih baiknya jalan perkoperasian Kemenag tersebut Plt Kepala Kemenag mengharapkan agar pengurus KPN dapat menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan tugas dan Fungsinya (Tusi).

 

Kemudian terkait dengan dana KPN Syari'ah Kemenag Kabupaten Tanah Datar yang digelapkan oleh mantan Bendahara KPN Syariah Kemenag, inisial (SW) sebesar Rp. 1,658 Milyar beberapa tahun yang lalu,  Anggota KPN Syari'ah Kemenag Kabupaten Tanah Datar meminta kepada Pengurus KPN untuk mengadakan Rapat Luar Biasa dalam upaya  menagih dan menarik dana yang digelapkan oleh SW tersebut, yang saat ini masih menjalani hukuman di Lapas Parak Juar Batusangkar.

Dari hasil Keputusan Rapat Anggota dengan Pengurus KPN Syariah Kemenag Kabupaten Tanah Datar  yang berlangsung selama satu hari punuh itu dapat disepakati sebagai berikut, pertama Simpanan Wajib perorangan perbulan Rp. 250 ribu, THR  sebanyak Rp. 1 juta, SHU dibayarkan 100 persen,  honor 1 orang karyawan  Rp. 30. Juta per tahun dan honor untuk 5 orang Pengurus Rp. 60 juta pertahun. (Yon).|Mira