Kemenag Sawahlunto Dukung Inovasi Kota Layak Anak Melalui Gerakan Masjid/Musalla Ramah Anak

Kemenag Sawahlunto Dukung Inovasi Kota Layak Anak Melalui Gerakan Masjid/Musalla Ramah Anak

Sawahlunto,Inmas-Kementerian Agama Kota Sawahlunto mendukung penuh program Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak mewujudkan 21 indikator Masjid/Musalla Layak anak sebagai inovasi meningkatkan implementasi Sawahlunto Kota Layak Anak. Pernyataan itu disampaikan Kepala Kankemenag H.Idris Nazar pada acara penandatanganan Pakta integritas antara Dinas Sosial dengan Ormas Islam tentang penyelenggaraan Masjid/Musalla ramah anak yang dilaksanakan di Aula Kemenag Kota Sawahlunto, Selasa (17/3).

Adapun indikator masjid/musalla layak anak dimaksud adalah tersedianya sarung/mukenah, syaf untuk salat bagi anak, perpustakaan mini, tempat berwuduk yang terjangkau anak, spanduk masjid ramah anak, lingkungan yang bersih,pagar masjid yang aman bagi anak, halaman area masjid yang luas disediakan pula tempat bermain anak, ruang ibu menyusui, jika saat pengajian menyapa anak dengan cara ramah seraya memuji kehadiran anak, mengarahkan anak-anak untuk tertib dengan cara lembut, penjaga masjid memberikan perlindungan bagi anak dari bentuk kekerasan, tersedianya ajakan bagi anak gemar ke masjid, jika masjid memiliki jaringan internet mesti ada perlindungan dari konten tidak baik, membekali anak ilmu pengetahuan tentang fungsi masjid, tersedianya air minum, Al Quran, tempat taman bagi anak, memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan masjid serta tersedianya akses bagi penyandang Disabilitas.

“Kami siap membantu Dinas Sosial dengan  37 orang Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS yang ada,” ujar Kepala Kankemenag Idris Nazar.

Disamping itu, Ia sangat yakin dari segi pendanaan merealisasikan masjid ramah anak akan dibantu jamaah masjid/musalla melalui sedekah, infak maupun wakaf.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry berharap masjid/musalla yang ada bisa didatangi semua lapisan masyarakat termasuk disabliitas tanpa adanya diskriminas.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas masjid/musalla ramah anak antara Dinas Sosial, DMI beserta Ormas Islam lainnya seperti NU, Muhammadiyah,Tarbiyah, BKPRMI dan IKADI, disaksikan langsung Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto.

Hadir selama acara, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Non PNS serta pengurus masjid se-Kota Sawahlunto. (f@hmi)|Mira