Pembinaan Guru TPA/TPSA KAB TANAH DATAR

Pembinaan Guru TPA/TPSA KAB TANAH DATAR
Pembinaan Guru TPA/TPSA KAB TANAH DATAR

Batusangkar. (Inmas).  Sebanyak 80 orang anggota Badan Kerja Sama ( BKS ) Guru TPA / TPSA Kabupaten Tanah Datar mengikuti Pembinaan dan Evaluasi Tim Pembina Guru Lembaga Pendidikan Al Qur'an (LPA), Petugas dan Imam Masjid Se Kabupaten Tanah Datar di aula Kantor Bupati Tanah Datar Kamis (25/6).

Pembinaan da Evaluasi Tim Pembina Guru LPA tersebut Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar H. Syahrul berkesempatan memberikan pembinaan kepadara para guru TPA dan TPSA tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Kabag Kesra H. Afrizon, Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kantor Kemenag H. Masnefi, MS, Kasi Bimas H. Alinardius dan Kepala BKS Tanah Datar H. Syafri.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar H.Syahrul dalam arahannya merasa salut atas kerjasama yang telah dibina selama ini antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar yang telah memberikan sertifikat/sertifikasi (profesional) kepada para guru TPA dan sertifikat akreditasi kepada Rumah Tahfiz. 

Ka Kankemenag meminta kepada Bupati melalui Kabag Kesra agar kerjasama antara Pemda dengan Kemenag Tanah Datar yang telah terbina selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut mengatur kan terima kasih kepada para guru TPA/TPSA dan LPA yang telah memberikan ilmu pendidikan Agama Islam kepada anak didiknya di setiap Rumah Tahfiz di Kabupaten Tanah Datar.

Ka Kankemenag meminta agar Pemerintah Daerah Tanah Datar dapat memberikan pembinaan secara berkala terhadap guru guru TPA/TPSA dan LPA secara berkala 5 kali setahun minimal 3 kali setahun dengan pembiayaan dari Pemda Tanah Datar ujar Ka Kankemenag berharap.

Terakhir Ka Kankemenag mengajak Pemda beraama Kemenag untuk membangun komunikasi dalam meningkatkan SDM yang Islami , beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan menjalin kerjasama dan kekompakan untuk kemajuan lembaga pendidika Agama di Tanah Datar.

Menurut laporan Kabag Kesra Pemda Tanah Datar H. Afrizon menyampaikan tahun ini telah diserahkan insentif kepada 2.100 orang guru TPA/TPSA dan LPA se Kabupaten Tanah Datar.

Saat ini di Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki 178 buah Rumah Tahfiz, 14 buah rumah Tahfiz diantaranya merupakan binaan dari Pemda Kabupaten Tanah Datar.

Keempat belas Rumah Tahfiz yang telah menjadi binaan Pemda Tanah Data itu akan difasilitasi dengan petugas dan Imam Masjid dengan kesejahteraan honorarium masing masing sebesar Rp. 1 juta / per bulannya.

Kabag Kesra menambahkan ukuran untuk 1 orang guru TPA/TPSA/LA itu hanya untu 17 orang murid dan lebih dari 17 orang murid harus ada 2 orang guru .

Lebih lanjut Kabag Kesra menjelaskan setiap adanya pendirian TPA/TPSA di Kabupaten Tanah Datar diwajibkan memperoleh surat izin operasional dari Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Dia juga menjelaskan Pemda Tanah Datar saat ini sudah meloncing data melalui aplikasi e- Tahfiz. Sementara dalam waktu dekat Kemenag Tanah Datar juga akan melouncing data e-TPA dari Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren dan melouncing e-Masjid dari Seksi Bimbingan Agama Islam (Bimas). ( Yon).