MAN 2 Tanah Datar Menyongsong Era Baru Pembelajaran Daring dan Luring

MAN 2 Tanah Datar Menyongsong Era Baru Pembelajaran Daring dan Luring

Batusangkar, Inmas -- Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, mau tidak mau telah mempengaruhi dunia pendidikan termasuk di Indonesia, begitu juga dengan pendidikan di madrasah. Dampak pandemi ini telah merubah tatanan dunia belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara konvensional di dalam ruangan kelas, sekarang harus beralih ke dunia daring (online). Jika menggunakan media daring sudah tentu juga akan memanfaatkan media informasi dan teknologi (IT).  Hal ini menyebabkan semua tenaga pendidik harus dapat menguasai IT, minimal aplikasi-aplikasi yang akan digunakan dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) Daring. 

Untuk mempersiapkan tenaga pendidiknya menghadapi Tahun Pembelajaran 2020-2021 yang akan segera datang, MAN 2 Tanah Datar mengadakan Lokakarya Daring , Senin (29/6/2020) dengan tema ‘MAN 2 Tanah Datar Menyongsong Era Baru Pembelajaran Daring dan Luring untuk Terciptanya Madrasah Hebat Bermartabat’. Dalam pembukaannya Sabrimen selaku Kepala MAN 2 Tanah Datar berpesan, “Meskipun dalam masa covid-19, kita tetap harus memberikan hak pembelajaran kepada para siswa kita semaksimal mungkin, maka lokakarya ini diadakan agar para tenaga pendidik dapat mempersiapkan dengan matang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan media pembelajaran daring yang akan disajikan kepada para peserta didik nantinya’.

Lokakarya daring ini mengundang dua orang pemateri handal dari Balai Diklat Keagamaan Padang. Mereka adalah Khurnia Eva Nilasari dan Suryadi Sucipto. Khurnia Eva Nilasari pada kesempatan ini menyajikan materi tentang RPP Daring dan Suryadi Sucipto memaparkan tentang pemanfaatan Google Classroom secara efektif. Lokakarya yang menggunakan aplikasi zoom ini diikuti dengan antusias oleh 70 tenaga pendidik dan kependidikan MAN 2 Tanah Datar. 

Meskipun nanti pandemi ini berakhir, dan pembelajaran kembali diadakan di ruangan kelas, penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran daring ini tidak akan pernah basi. Karena tuntutan penggunaan IT dalam dunia pendidikan akan tetap meningkat demi beradaptasi dengan dunia yang semakin global.(Yurnalis)|Mira