MTsN 3 Lima Puluh Kota Maksimalkan Pengisian PMPZI Dan POKJARB Semester 1 Tahun 2020

MTsN 3 Lima Puluh Kota Maksimalkan Pengisian PMPZI Dan POKJARB Semester 1 Tahun 2020

Dangung-Dangung, Inmas-  Dalam untuk mewujudkan kepatuhan terhadap komitmen dan sinergitas reformasi birokrasi, Tim Reformasi Birokrasi MTsN 3 Lima Puluh Kota maksimalkan pengisian PMPZI dan Pokja RB Semester 1 Tahun 2020. Tim yang telah dibentuk oleh Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota berdasarkan Surat Keputusan Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota Nomor 006 Tahun 2020 tanggal 2 Januari 2020 yang terdiri dari Tim Pengarah, Tim Pelaksana dan Kelompok Kerja.

Sedangkan Kelompok Kerja dibagi lagi menjadi delapan bagian yakni, 1) Pokja Manajemen Perubahan yang diketuai oleh Muhammad Hasbi, S.Pd.I,  2) Pokja Penguatan Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan diketuai Dewi Elasta Layulinda, SH, 3) Pokja Penguatan Kelembagaan diketuai Elwin, S.Pd, 4) Pokja Penguatan Tatalaksana  diketuai oleh Zarwan, S.Pd, 5) Pokja Sistem Manajemen SDM ASN diketuai oleh Muspida Yanti, 6) Pokja Penguatan Akuntabilitas Kinerja diketuai oleh Yeyen Permana Sari, 7) Pokja Penguatan Sistem Pengawasan diketuai oleh Yanti Eka Putri, S.Ag, dan 8) Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik diketaui oleh Rika Purnama Sari. 

Kepala Madrasah Nur Ali dan  Kaur  Rici  Selasa (30/06) yang terus memantau dan mengevaluasi   kerja Tim dan operator  dalam pengisian lembar kerja PMP ZI dan Pokja RB  berharap agar setiap item yang telah diupload dapat ditertibkan administrasi dan dokumen pendukungnya. Sebab apa yang telah diupload dalam sistem tersebut wajib dipertanggungjawabkan keberadaan dan keabsahan dokumen serta tertib administrasinya.

“ Saya selaku kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota mengapesiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah mempunyai komitmen yang kuat dalam menyukseskan dan melaksanakan Program Reformasi Birokrasi Kementerian Agama khususnya di MTsN 3 Lima Puluh Kota, mulai dari Tahap Perencanaan, Proses Pelaksanaan, Evaluasi serta  Monitoring dan terakhir Tahap Pelaporannya. Jangan bangga dengan nilai tinggi tapi realitas pelaksanaan dan implementasinya tidak sesuai dengan yang sebenarnya”, ujarnya.


Sebagaimana kita ketahui bahwa Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) merupakan instrumen penilaian kemajuan pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan secara mandiri (self assessment) di lingkungan Kementerian Agama. Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas mencakup penilaian terhadap dua komponen: Pengungkit (Enablers) dan Hasil (Results).

Pengungkit adalah seluruh upaya yang dilakukan Kementerian Agama dalam menjalankan fungsinya, sedangkan Hasil adalah kinerja yang diperoleh dari komponen pengungkit. Hubungan sebab-akibat antara komponen pengungkit dan komponen hasil dapat mewujudkan proses perbaikan bagi Kementerian Agama melalui inovasi dan pembelajaran, dimana proses perbaikan ini akan meningkatkan kinerja Kementerian Agama secara berkelanjutan. Komponen pengungkit sangat menentukan keberhasilan tugas Kementerian Agama, sedangkan komponen hasil berhubungan dengan kepuasan para pemangku kepentingan.


Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kementerian Agama dilaksanakan berdasarkan KMA Nomor 186 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Bersih dan Melayani Pada kementerian Agama. Sedangkan Reformasi Birokrasi dilaksanakan berdasarkan KMA Nomor 153 Tahun 2009 tentang Reformasi Birokrasi Departemen Agama.


Sebelum Pengisian lembar kerja Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi dikirim ke Menteri Agama, Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota kembali menyampaikan kepada Tim dan Operator agar mengecek kembali  Form isiannya dan pastikan Dokumennya telah diupload atau Evidence. Akhirnya pada Hari Senin Tanggal 29 Juni 2020 Pukul 13.39 WIB, Laporan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi (PMP-RB) Semester 1 Tahun 2020  MTsN 3 Lima Puluh Kota dikirim langsung oleh Kepala MTsN 3 Lima Puluh Kota disaksikan oleh Kaut TU dan Tim dengan Nilai capaian sebesar 76,28%.  (Rici|Ryan)|Mira