Sosialisasi KMA 494/2020 Tentang Pembatalan Dan Pengunduran Pemberangkatan JCH

Sosialisasi KMA 494/2020 Tentang Pembatalan Dan Pengunduran Pemberangkatan JCH
Sosialisasi KMA 494/2020 Tentang Pembatalan Dan Pengunduran Pemberangkatan JCH

Batusangkar, Inmas -- Jamaah Calon Haji (JCH) Tanah Datar Tahun 2020 mengikuti sosialisasi KMA. 494/2020 tentang Pembatalan/Pengunduran dan pemberangkatan JCH Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020 di Masjid Nurul Amin Pagaruyung Batusangkar Selasa (30/6). 


Acara Sosialisasi KMA 494 / 2020 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma didampingi Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kabag Kesra H. Afrizon dan Kasi PHU Kemenag H. Erizal.


Sosialisasi KMA 494 yang berlangsung selama 2 hari ( tanggal 30 Juni sampai tanggal 1 Juli 2020) itu diikuti sebanyak 280 orang JCH yang akan diberangkatkan pada tahun 2021 mendatang. Untuk penyelenggaraan Sosialisasi tersebut digelar dalam dua tahap sesuai protokol Covid 19. Tahap I digelar Selasa (30/6) dengan jumlah peserta sosialisasi sebanyak 140 orang peserta JCH dan untuk tahap II digelar Selasa (1/7) dengan Jumlah 140 peserta JCH.


Nara Sumber yang menyampaikan materi dalam Sosialisasi KMA 494 / 2020 Tahap I tersebut masing masing Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul dan Kasi PHU Kantor Kemenag H. Erizal. Ka Kankemenag H.Syahrul dalam penyampaian materinya menjelaskan setiap JCH yang datang untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Agama adalah merupakan ibadah bagi setiap JCH tersebut.


Semakin banyak kita mengikuti acara manasik haji, semakin matang ilmu manasik haji itu didapat dan dipahami oleh para jamaah. Untuk itu Ka Kankemenag meminta kepada jamaah Calon Haji agar lebih sering mengikuti manasik haji dan mempelajari buku petunjuk manasik haji yang telah dibagikan kepada masing masing jamaah.


Semakin sering kita mengikuti manasik haji, semakin banyak ilmu kita peroleh untuk bekal menjalani ibadah haji tahun 2021 mendatang.  Selanjutnya Ka Kankemenag H. Syahrul mengingatkan kepada seluruh JCH Tanah Datar untuk selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga pelaksanaan Ibadah di tanah suci nanti dapat berjalan dengan lancar.


Dalam kesempatan tersebut ikut memberikan sambutan Kabag Kesra Kantor Bupati Tanah Datar H. Afrizon tentang persiapan yang harus diikuti dan dipatuhi oleh para JCH Kabupaten Tanah Datar yang akan berangkat ke tanah suci menunaikan Ibadah Haji.


Kabag Kesra meminta kepada para JCH Tanah Datar dapat mempersiapkan diri mulai dari persiapan kesehatan Jasmani dan Rohani sehingga di Tanah Suci nanti semua proses penyelenggaraan Ibadahnya berjalan dengan lancar.


Di akhir kegiatan Sosialisasi tersebut Kakankemenag H.Syahrul dan Kabag Kesra H.Afrizon didampingiKasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar H. Erizal menyerahkan secara simbolis Buku Manasik Haji kepada JCH Masing masing Nurcahya usia 89 tahun dari Kec X Koto dan Syafruddin Nurdin usia 65 Tahun dari Kec. Pariangan. 


Kakankemenag mengharapkan masing masing JCH Tanah Datar dapat mempelajari dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji yang ada dalam buku Petunjuk Manasik Haji tersebut . (Yon ).|Mira