MTsN 1 Kota Pariaman Gelar Lokakarya

MTsN 1 Kota Pariaman Gelar Lokakarya

Pariaman, Inmas—MTsN 1 Kota Pariaman mengadakan lokakarya bagi seluruh guru dan pegawai. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu (3 dan 4/ 07) di Aula MTsN 1 Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati menjelaskan tema lokakarya ini, yaitu melalui lokakarya kita tingkatkan kompetensi dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan madarsah hebat bermartabat. pelaksanaan kegiatan ini pun tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan pendidik dan tenaga kependidikan di era new normal dan dalam pembelajaran lainnya. Output dari kegiatan ini adalah diharapkan semua peserta bisa menerapkan aplikasi e-learning dalam pembelajaran. Di samping itu, kami juga mengharapkan bimbingan dan arahan dari Kakan kemenag supaya kami bisa lebih maju lagi,” ungkapnya.

Kegiatan ini dubuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, H. Miswan pada hari pertama. Di samping itu, ia juga memberikan materi tentang Kebijakan Kementerian Agama dalam Pembelajaran New Normal.

Dijelaskannya bahwa guru merupakan pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mendidik dan mengajar. “Untuk itu, guru harus berusaha meningkatkan semua kompetensinya, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Salah satunya melalui lokakarya ini,” Jelasnya.

“Secara kuantitas, MTsN 1 Kota Pariaman sudah sangat bagus. Hal ini terbukti dengan banyaknya keinginan masyarakat yang ingin bersekolah di sini. Namun, secara kualitas kita harus bisa menjaganya demi mewujudkan madarasah hebat bermartabat. Tentunya hal itu tidak bisa kita wujudkan kalau tidak ada kebersamaan. Prestasi yang kita raih bukanlah usaha sendiri, tapi usaha bersama. Semoga MTsN 1 Kota Pariaman semakin jaya!,” tambahnya.

Setelah materi dari Kakan Kemenag, materi dilanjutkan dengan sosialisasi KMA tahun 2019 tentang pedoman implementasi kurikulum pada madrasah dengan pemateri Pengawas MTsN 1 Kota Pariaman, Syaiful  Azhar.

“Pedoman implementasi kurikulum pada madrasah boleh berinovasi dalam pengembangannya, tetapi harus ada persetujuan dari Kanwil Kemenag,” jelasnya.

Setelah salat Jumat, kegiatan dilanjutkan dengan materi inti, yaitu pembelajaran e-learning dengan pemateri Muhammad Adri dari Universitas Negeri Padang. kegiatan ini berlangsung sampai hari Sabtu.

Dalam kegiatan ini, peserta langsung mengikuti praktik membuat aplikasi e-learning. “Aplikasi e-learning ini memudahkan kita dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, apalagi dengan situasi sekarang ini. Di awal pembuatan ini memang terasa sulit, tetapi kalau kita bersunguh-sungguh, pasti bisa. Kita hanya perlu membuatnya sekali. Untuk tahun berikutnya kita akan merasa senang karena kita tidak perlu lagi membuatnya. Dalam pembuatannya memang kita harus langsung praktik sehingga memudahkan kita langsung mengaplikasikannya,” jelasnya.

Pada Sabtu pagi pukul 07.30 s.d. 08.30 WIB, Ketua Komite MTsN 1 Kota Pariaman, Syamsuardi Z. juga berkesempatan menyampaikan materi tentang peran komite dalam memajukan madrasah. Ia sangat mendukung kegiatan ini.

“Mudah-mudahan ilmunya bisa diserap dan menjadikan siswa yang lebih baik sehingga membuat madrasah berprestasi,” ungkapnya. Setelah itu baru dilanjutkan dengan kegiatan inti yang merupakan lanjutan dari hari Jumat.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman sangat berterima kasih kepada para narasumber. “Semoga ilmu yang diberikan oleh seluruh narasumber bisa diserap dan dipahami oleh peserta, terutama para guru sehingga bisa membuat pembelajaran lebih bermakna dan bisa memajukan madrasah. Semoga mendapatkan pahala di sisi Allah Swt,” ungkapnya. (Delsi)|DW