Era New Normal Madrasah Belajar Dari Rumah

Era New Normal Madrasah Belajar Dari Rumah
Era New Normal Madrasah Belajar Dari Rumah

Agam, Inmas--Dalam menghadapi era new normal ini jajaran pendidikan dilingkungan kementerian agama akan melakukan proses pembelajaran tahun 2020/2021 yang dimulai tanggal 13 juli 2020 dengan belajar dari rumah. Hal ini disampaikan kepala kantor wilayah kementerian agama provinsi Sumatera Barat H. Hendri,S.Ag.M.Pd pada kegiatan sosialisasi Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang panduan pembelajaran masa  darurat covid 19 di pondok pesantren Sumatera Thawalib Parabek Agam sabtu 11 Juli 2020. 


Lebih lanjut H. Hendri yang didampingi Dr. H. Jhon Of Rizal One, MA selaku kasi tenaga kependidikan bidang penmad menjelaskan bahwa pembelajaran tersebut dilakukan dalam bentuk Dari ng atau luring mengingat sebahagian besar wilayah di Sumatera Barat dalam status orange dan kuning pandemi covid19. Hanya ada 6 daerah yang status hijau yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka. Hal itupun boleh dilakukan dengan memenuhi persyaratan, yaitu:
1. Zona Hijau
2. Rekomendasi kepala daerah.
3. Persetujuan orang tua 
4.  Kesiapan kepala madrasah atau pimpinan pondok.
5. jumlah maks 50 %
6. Sarana prasarana memenuhi protokol kesehatan covid19


H.Hendri yang juga sebelumnya menjabat kakankemenag Agam ini menegaskan sekalipun belajar dilakukan dengan daring hendaknya tidak dilakukan sembarangan tapi harus dengan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Jangan terjadi mantinya anak akan dihujani dengan tugas yang menumpuk sehingga memberatkan anak dan orang tua. Pihak kanwil dalam hal ini telah membentuk tim dam sudah mempersiapkan kurikulum dan bahan ajar yang sesuai dengan kondisi saat ini.


Sementara itu kakankemenag Agam H. Edy Oktafiandi,S.Ag.M.Pd melaporkan bahwa dalam masa pandemi covid19 kemenag Agam selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan gugus tugas covid19 dan dinas pendidikan kan Agam dalam berbagai kebijakan. Untuk menghadapi tahun pelajaran 2020/2021 juga sudah dilakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) on line dan masing masing madrasah juga sudah melakukan workshop atau in house training dalam melakukan evaluasi serta menyiapkan langkah pembelajaran daring dan luring. Sesuai instruksi Bupati Agam pembelajaran dari rumah ini akan dilaksanakan tanggal 13-30 juli 2020. Tentunya ini melihat perjembangan selanjutnya.


Hadir pada acara tersebut kasubbag, kasi, kua, pengawas pendidikan, pimp pondok pesantren dan kepala madrasah MI,MTs dan MA se kabupaten Agam (zulpaifbnh)|Mira