Apel Perdana MTsN 3 Agam TA 2020/2021

Apel Perdana MTsN 3 Agam TA 2020/2021
Apel Perdana MTsN 3 Agam TA 2020/2021

Balingka, Inmas – Sesuai dengan kalender pendidikan, pembukaan tahun pelajaran 2020/2021 tepat jatuh pada hari Senin tanggal 13 Juli 2020. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, tahun pelajaran baru yang biasanya diawali dengan upacara bendera kini tidak bisa dilaksanakan. Hal ini disebabkan oleh hasil keputusan 4 menteri yakni, Menteri Pendidikaan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang memutuskan untuk mempertimbangkan pelaksanaan pembelajaran disekolah dalam masa transisi pandemi covid 19 terhadap masa new normal.

Keputusan 4 menteri tersebut berisi panduan bagi tiap daerah untuk melaksanakan sistem pembelajaran sesuai dengan zona kondisi dampak covid. Hanya daerah berzona hijaulah yang diperbolehkan melaksanakan pembelajaran secara normal. Di daerah sumatera barat sendiri masih banyak daerah yang belum berzona hijau. Salah satunya adalah kabupaten Agam, dimana semua sekolah atau madrasah belum mampu melaksanakan pembelajaran seperti biasanya.

Di MTsN 3 Agam contohnya, di hari pertama tahun ajaran kepala madrasah mengganti upacara bendera dengan melaksanakan apel kedinasan dilingkungan satkernya. Apel perdana ini dipimpin langsung oleh Kepala MTsN 3 Agam, Desmawita. Adapun apel ini bertujuan untuk mengawasi, menindak dan mengevaluasi tenaga PNS dan honorer yang masuk kerja di hari pertama di tahun pelajaran yang baru.

“Alhamdulillah semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan hadir di hari pertama ini “ ujar rasa syukur dari Desmawita ini. 

Desmawita juga akan menjadikan kegiatan apel ini sebagai kegiatan inovasi di dalam madrasah yang dibawahinya. Desmawita menganggap dengan diadakannya apel ini akan membuat anggotanya disiplin dan takut untuk melanggar aturan, karena jika ketahuan melanggar akan dikenakan peringatan dan sanksi yang tegas. Secara tidak langsung, kegiatan apel ini akan meningkatkan kinerja pns dan tenaga honorer yang berdampak kepada pelayanan publik yang prima di MTsN 3 Agam. (Deri)|Mira