ASN MTsN 1 Kota Pariaman Ikuti Tes Swab

ASN MTsN 1 Kota Pariaman Ikuti Tes Swab

Pariaman, Inmas— Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) MTsN 1 Kota Pariaman mengikuti tes swab yang dilakukan Tim Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat (17/ 07) di ruangan MTsN 1 Kota Pariaman.

Tes swab bagi guru dan pegawai ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi sekolah/ madrasah yang berada di zona hijau. Hal ini karena akan melaksanakan proses pembelajaran tatap muka. Jadi, seluruh guru dan pegawai harus bebas covid 19 yang dibuktikan dengan hasil swab.

“Walaupun Kota Pariaman berada dalam zona hijau, tes swab ini sangat penting dilakukan bagi guru dan pegawai karena para guru dan pegawai tersebut tidak semuanya berdomisili di Kota Pariaman, seperti ada yang di Kabupaten Padang Pariaman, Padang, Padang Panjang, Agam, dan daerah lainnya yang merupakan zona kuning dan merah. Apalagi saat ini new normal, masyarakat bebas pergi ke mana saja. Bahkan tidak menerapkan protokol kesehatana covid 19. Ditambah lagi dengan adanya orang tanpa gejala (OTG).

"Jadi, kita tidak tahu siapa yang sudah teinfeksi covid 19 dan yang tidak,” ungkap Desi Irawati, salah satu tim medis dan juga merupakan Kepala Sesi Suplemen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Pariaman.

Sebelum dilakukannya tes swab ini, ada beberapa orang guru dan pegawai yang merasa cemas karena selama ini mereka banyak membaca dan mendengar berita hoaks tentang pelaksanaan tes swab ini. Namun, mereka semua dihibur Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati. Ia maju sebagai orang pertama yang mengikuti tes dan membuktikan kalau berita tersebut tidak benar. Kemudian diikuti yang lainnya sehingga seluruh ASN MTsN 1 Kota Pariaman yang berjumlah 65 orang selesai tes diiringi semangat, candaan dan gurauan dari kepala madrasah sehingga membuat mereka menjadi santai.

“Setelah kita alami sendiri, ternyata tes swab itu tidak seperti yang kita baca dan dengar. Tidak sakit sedikitpun asalkan kita santai dan tenang. Namun, kalau kita tegang dan cemas tentu akan terasa sakit,” jelas Nur Eliwati.

“Alhamdulilah seluruh guru dan pegawai MTsN 1 Kota Pariaman telah di swab. Mudah-mudahan semua hasilnya negatif. Terima kasih kasih kami ucapkan kepada Dinas Kesehatan Kota Pariaman dan pemerintah Kota Pariaman serta KanKemenag Kota Pariaman yang telah memfasilitasi tes swab ini,” ungkapnya.

Di samping itu, selain ASN MTsN 1 Kota Pariaman yang megikuti tes swab, ASN dari MAN Kota Pariaman dan MTsN 3 Kota Pariaman juga mengikuti tes swab di MTsN 1 Kota Pariaman secara bergantian. Untuk MTsN 1 Kota Pariaman dimulai pukul 08.00 WIB, setelah selesai disambung MAN dan MTsN 3 Kota Pariaman. (Delsi)|DW