Kakan Kemenag Sijunjung Terima Buku Karya Penyuluh Agama ISlam Fungsional

Kakan Kemenag Sijunjung Terima Buku Karya Penyuluh Agama ISlam Fungsional
Kakan Kemenag Sijunjung Terima Buku Karya Penyuluh Agama ISlam Fungsional

Muaro Sijunjung, Humas- Kakan Kemenag Sijunjung H Afrizal terima buku hasil karya penyuluh agama Islam fungsional (PAIF). Buku dengan judul “Panduan Pelaksanaan Penyembelihan Hewan dan Kehalalan Daging Qurban dalam Situasi Covid-19” diserahkan langsung penulis, H Iskandar dan Nori Bahar, usai pelaksanaan apel pagi Senin (27/7) di halaman Kantor Kemenag Sijunjung. Serah terima buku disaksikan Kasubag TU, Kasi dan seluruh peserta apel pagi.

Penyusunan buku ini sebagai bentuk karya dan upaya penulis berpartisipasi dalam pengembangan profesional penyuluh agama dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan melalui buku bacaan. Disamping itu buku juga sebagai bentuk tindak lanjut dalam menyampaikan pesan dalam SE nomor 31 tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan dan kehalalan daging Qurban dalam situasi covid-19. Hal ini disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Yoni Hendra selaku atasan langsung PAIF di Sijunjung.

Buku selesai dengan baik karena dukungan penuh dari KaKan Kemenag Sijunjung dan bimbingan kasubag TU Samsidir. Hadirnya buku ditengah masyarakat meskipun masih terbatas, tidak terlepas dari kerja sama dengan instansi lain diantaranya Dinas Pertanian Sijunjung.

Ka Dinas pertanian Ronaldi berharap buku panduan ini dapat menjadi acuan, memperbaiki dan menata pelaksanaan pemotongan hewan qurban di tengah masyarakat, terutama dalam masa covid-19. Sehingga penyembelihan secara Islam dan kriteria aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) terpenuhi dengan baik, semua untuk memenuhi aspek kesehatan masyarakat secara umum.

Menata tampilan apik penampilan buku ini, penulis merangkul pranata komputer Kemenag Sijunjung, Rudi AP sebagai cover layout, dengan artikata jika bersama kita bisa, berat jadi ringan, susah jadi senang, tidak ada yang tidak mungkin, pungkas H Iskandar sekretaris Pokjaluh sijunjung.

Buku akan disebarkan ke seluruh kecamatan di Sijunjung yaitu ke KUA, FKPAI Kecamatan dan kelompok binaan penyuluh agama Islam Fungsional sebagai penulis.(nori)