PUSAKA SAKINAH di KUA Kec. Enam Lingkung

PUSAKA SAKINAH di KUA Kec. Enam Lingkung
PUSAKA SAKINAH di KUA Kec. Enam Lingkung

Padang Pariaman, Humas-- Dalam rangka melaksanakan Program Pusaka Sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) Kemenag RI, KUA Enam Lingkung, Selasa (28/7), mengundang Tim Ahli dari Kesehatan dan Kepenyuluhan dalam rangka membuat jejaring kepada calon pengantin dan stakeholder nantinya yang dihadiri dari Puskesmas, JFU dan PAIF KUA Kec. Enam Lingkung bertempat di Aula Balai Nikah KUA Kec. Enam Lingkung.

Untuk mengupas Tentang Pusaka Sakinah ini menghadirkan narasumber dari Puskesmas/Kesehatan dr. Sesri Tuti Handayani dan Rapikatun Nurhasanah, serta PAIF Imalatunil Khaira dan Zulhelma.

Sebelumnya Ada sambutan Kepala KUA Kec. Enam Lingkung, Heri Yudiansyah mengharapkan kerjasama yang baik semua stakeholder dan lintas sektoral untuk mendukung program ini agar untuk mempersempit pernikahan anak (usia dini) dan perceraian.

Media Centre Base Camp Pusaka Sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) KUA Kec. Enam Lingkung yang diprakarsai ini mempunyai program; BERKAH : Belajar Rahasia Nikah, KOMPAK : Konseling, Mediasi, Pendampingan, dan Konsultasi, LESTARI : Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Indonesia. Memperkuat dengan mengajak semua yang hadir untuk berperan serta dalam mendukung program Pusaka Sakinah. Bentuknya dengan sosialisasi di masyarakat dan juga mengadakan program-program yang mendukung, jelas Heri Yudiansyah.

Pada materi yang disampaikan dr. Sesri Tuti Handayani mengatakan, “sangat mengapresiasi dalam program ini, sehingga catin dan pasca nikah (keluarga) dapat memfollow up bentuk konsultasi kesehatan di group WA khusus Pusaka Sakinah dan dapat memberikan pencerahan dari berbagai permasalahan kesehatan terkhusus reproduksi kesehatan catin dan keluarga”, ungkapnya.

Sedangkan PAIF Imalatunil Khaira memberikan pencerahan bahwa tujuan pernikahan menjadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah dan catin harus menjalankan tugasnya masing-masing, sesuai dengan QS. At-Tahrim ayat 6. Begitu juga dengan PAIF Zulhelma mengatakan dengan hadirnya layanan KUA Kec. Enam Lingkung dalam bentuk Pusaka Sakinah, diharapkan catin dapat menambah ilmu pengetahuan tentang membina hidup berumah tangga, sebagai penyuluh agama siap untuk memberikan pelayanan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.     

Pusaka Sakinah diadakan dalam rangka mendukung rencana kerja pemerintah dibidang pembangunan dan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga sakinah bagi keluarga muslim di Indonesia. “Program Pusaka Sakinah adalah wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan perkawainan yang ideal, Pusaka sakinah merupakan branding terhadap layanan yang disediakan oleh KUA Kec. Enam Lingkung yang diungkap oleh Heri Yudiansyah. Semoga Berkah, Kompak dan Lestari. Rendra