Tim Monev Kanwil Verifikasi Kesiapan Belajar Tatap Muka MTsN 1 Kota Pariaman

Tim Monev Kanwil  Verifikasi Kesiapan Belajar Tatap Muka MTsN 1 Kota Pariaman

Pariaman, Inmas—Tim monitoring dan evaluasi (monev) dari Kanwil Kemenag Sumbar lakukan verifikasi kesiapan belajar tatap muka pada masa New normal covid 19 di MTsN 1 Kota Pariaman. Kegiatan ini berlangsung, Selasa (28/ 07).

Monev dari Kanwil Kemenag Sumbar ini dilakukan Taslim Perdana (Analis data madrasah Kanwil Kemenag sumbar) dan Ahmad Negara Dalimunthe (Analis sarana dan prasarana di bidang pendidikan Kanwil Kemenag Sumbar). Di samping itu, tim monev ini juga didampingi Kasi Pendis Kemenag Kota Pariaman, Syaiful Azmi bersama rombongannya, Rahmi Humaira dan Vitha Resnawati Ammas. Kedatangan kedua tim tersebut disambut hangat Kepala MTsN 1 Kota Pariaman dan Kaur TU serta para pegawai.

Dalam monev tersebut, tim memeriksa semua kesiapan belajar tatap muka pada masa New normal covid 19 di MTsN 1 Kota Pariaman. Setelah dilakukan verifikasi mereka sangat mengapresiasi kesiapan MTsN 1 Kota Pariaman.

“Kami sangat bangga karena MTsN 1 Kota Pariaman telah mempersiapkan dengan matang untuk kegiatan belajar tatap muka sesuai SKB 4 menteri tahun 2020 tentang belajar pada pada masa New normal covid 19."

Semuanya terpenuhi sesuai dengan yang diminta dalam instrumen monev, antara lain: adanya pedoman belajar di masa new normal yang sudah terpajang di halaman madrasah; tersedianya wastafel cuci tangan di depan tiap-tiap kelas; tanki-tanki air besar 3 buah yang dilengkapi dengan kran-kran; thermogan, hand sanitizer; masker; face shiel, disenfektan, tabung semprot, tempat duduk siswa yang sudah diatur jaraknya 1,5 m di tiap-tiap lokal, surat kesepakatan dengan komite madrasah, surat izin orang tua untuk belajar tatap muka; kesiapan guru-guru dengan jadwal pelajaran, RPP dengan materi ajarnya yang sudah sesuai dengan materi esensial dan berpedoman pada SKB 4 menteri tersebut serta edaran dari Kakanwil Provinsi Sumbar tentang belajar di masa transisi kebiasaan baru.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Kaur TU, wakil-wakil kepala, dan seluruh majelis guru serta pegawai yang sudah mempersiapkan sesuai aturan-aturan. Semoga covid ini cepat berlalu dan kita bisa segera kembali belajar tatap muka,” harapannya.

“Di samping itu, kami juga menyampaikan pesan dari Kakanwil Kemenag Sumbar, Bapak H. Hendri agar semua warga madrasah, khususnya MTsN 1 Kota Pariaman tetap bersemangat, selalu menjaga kesehatan, tingkatkan imunitas tubuh, ibadah, ilmu, iman, dan integritas diri masing-masing, warga madrasah agar tetap bersemangat dalam mewujudkan madrasah hebat bermartabat. Salam dari Pak Kanwil untuk semua siswa dan guru serta pegawai madrasah,” imbuh Munte mengakhiri monev ini.

Sementara itu, Kasi Pendis Kemenag Kota Pariaman, Syaiful Azmi juga menyampaikan pesan dari Kakan Kemenag Kota Pariaman, Miswan.

“Saya mewakili Pak Kakan Kemenag Kota Pariaman bahwa beliau menyampakan rasa bangga dan terima kasih atas monev dari Kanwil.  Semoga saran-saran dan pesan-pesan dari Pak Kepala Kanwil melalui melalui tim monev ini dapat ditindaklanjuti oleh kepala-kepala madrasah sesuai aturan-aturan yang dikeluarkan pemerintah, Pak Kanwil, dan instruksi Wali Kota Pariaman."

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati, merasa senang atas kedatangan tim monev tersebut.

“Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim monev dari Kanwil Kemenag Sumbar. Terima kasih atas kunjungannya mengecek kesiapan kami untuk belajar tatap muka pada masa transisi kebiasan baru covid 19 ini. Kami harapkan masukan dan saran serta bantuan-bantuan dari Kanwil untuk lebih matangnya persiapan kami ini. Alhamdulliah, kami sudah berupaya menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dan memenuhi syarat-syarat belajar tatap muka sesuai dengan SKB 4 menteri dan edaran dari Kakanwil tentang pedoman belajar tatap muka di madrasah pada masa transisi," ujarnya.

Kebutuhan dan syarat tersebut di antaranya pedoman madrasah sesuai protokol kesehatan covid 19, persetujuan orang tua dan komite melalui rapat-rapat serta dituangkan dalam surat pernyataan persetujuan di atas materai 6000, dan sarana prasarana lainnya.

"Insya Allah kami sudah siap untuk belajar tatap muka kembali apabila status Kota Pariaman sudah hijau kembali sesuai instruksi Pemerinta Kota Pariaman selanjutnya. Sebenarnya madrasah kami sudah melaksanakan belajar tatap muka selama satu minggu, yaitu tanggal 13 s.d. 18 Juli 2020. Namun, mulai tanggal 20 Juli 2020 pembelajaran dialihkan kembali melalui daring dan luring karena adanya dua orang warga madrasah lain yang terkonfirmasi positif covid 19 setelah dilakukan tes swab. Tes swab ini dilakukan sesuai instruksi Wali Kota Pariaman bahwa salah satu syarat belajar tatap muka adalah semua guru dan pegawai harus bebas covid 19. Maka, semua guru dan pegawai dites swab secara gratis oleh Pemko Pariaman melalui Dinas Kesehatan. Hasilnya, alhamdulilah, seluruh guru dan pegawai MTsN 1 Kota Pariaman bebas/ negatif dari covid 19,” ungkapnya. (Delsi)|DW