Perubahan Demi Perubahan di MTsN 2 Payakumbuh

Perubahan Demi Perubahan di MTsN 2 Payakumbuh

Payakumbuh, Humas--Datang dan pergi merupakan ketetapan Allah Sang Maha Mengatur. Demikian juga dengan rotasi, mutasi, promosi dan demosi pada ASN di dunia kepegawaian, semua adalah ketentuan Allah yang diamanahkan kepada pimpinan untuk selanjutnya dilaksanakan jajaran sebagai perpanjangan tangan guna pelaksanaan amanah Allah tersebut. 

Dikaji kembali, satker MTsN 2 Payakumbuh sejak tahun 2018, setidaknya ada beberapa perubahan di bagian kepegawaiannya. 2 orang ASN dirotasikan ke bagian TU madrasah ini. Selanjutnya, di tahun ajaran 2019/2020, madrasah yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan, Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah Kec. Payakumbuh Utara-Kota Payakumbuh ini mendapat tambahan 2 guru honor mapel bahasa Arab. Berjalan 6 bulan, salah seorang diantaranya undur diri, karena mengambil kuliah S2. 

Tak beberapa bulan selanjutnya, Kepala MTsN 2 Payakumbuh sengaja merekrut tenaga honorer untuk Bagian Konselling. 2 orang Guru BK yang ada tidak sebanding dengan 700 lebih siswa yang ada. MTsN 2 Payakumbuh, akhirnya kedatangan satu orang guru BK yang juga mantan siswa di madrasah ini, dulunya. Waktu bersamaan, juga dilengkapi petugas Satpam madrasah yang selama ini hanya diawasi guru piket. 

Tak lama berselang, satu orang administrator TU memasuki masa pensiun. Kemudian disusul salah seorang Guru senior mengampu mapel Al Quran Hadits. Kepala MTsN 2 Payakumbuh, Yenni Fitri bersama Kaur TU Murda Ayudi pun semakin khawatir dengan kondisi kekurangan pegawai tersebut. Tiada bosan, Kedua wanita energik ini mengusul penambahan guru dan pegawai kepada Menteri Agama RI melalui Kepala Kankemenag dan Kepala Kanwil.

Alhamdulillah, kekhawatiran mulai terobati, pertengahan Maret 2019, Kepala kanwil menempatkan 6 guru baru di madrasah ini. Berselang sebulan, Kepala kanwil mengalokasikan lagi 9 orang tenaga pendidik untuk madrasah yang terletak paling Utara Kota Payakumbuh ini. 

Semakin hari, kekosongan pegawai pada MTsN 2 Payakumbuh semakin terisi.

Memasuki tahun ajaran 2020/2021, tepatnya 1 Juli 2020 MTsN 2 Payakumbuh mendapat tambahan pegawai bagian keuangan. Tugas dobol oleh Kaur TU, sekarang diringankan dengan kehadiran Penyusun Laporan Keuangan bernama Mikel Jakson. 

Menyambut kehadiran pegawai barunya, Yenni Fitri merasa bangga. Masalahnya di April 2021, Yenni akan masuki masa purna bhaktinya. 

"Selamat datang Mikel Jakson, selamat bergabung dan selamat mambawa perubahan. Kami atas nama unsur pimpinan sangat berharap dalam rotasi dan mutasinya, ASN tampil membawa perubahan positif dan bermanfaat. Inovasi membangun, bukan menghancurkan yang sudah baik. Kepada semua pegawai, tunjukkanlah inovasi bekerjanya," sebut Yenni Fitri dalam sebuah apel pagi, sembari memperkenalkan pegawai barunya pada jajaran. 

Menjawab tantangan Kepala madrasah terkait inovasi, Mikel Jakson yang sudah berpengalaman sebagai bendahara di MAN 2 Kabupaten Solok pun mencoba curahkan pengalaman sebagai madrasah pengelola Adiwiyata saat dirinya di Solok untuk MTsN 2 Payakumbuh.

Mikel mulai berbenah membuat taman bunga baru di sekeliling kantor Kepala madrasah dan ruang Tata Usaha. 

"Sekarang, taman kita mulai menunjukkan nilai keindahan, dan dalam waktu dekat bakal ditanami bunga indah. Teruslah berinovasi," pesan Yenni Fitri Rabu (29/07) sore. (014)