Padang Pariaman Gelar Shalat Idul Adha Perdana New Normal Covid-19

Padang Pariaman Gelar Shalat Idul Adha Perdana New Normal Covid-19
Padang Pariaman Gelar Shalat Idul Adha Perdana New Normal Covid-19

Padang Pariaman, Humas – Pelaksanaan Shalat Idul Adha Tahun 1441 H/2020 M untuk pertama kalinya dilaksanakan bertempat Masjid Raya IKK Padang Pariaman berada dilingkungan Kantor Bupati Padang Pariaman-Parit Malintang pagi ini memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker dan tidak bersalaman dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Jajaran Pejabat beserta ASN Pemkab.Padang Pariaman, DPRD, Kapolres Padang Pariaman, OPD, Bank Nagari, Kepala Kantor Kemenag Kab. Padang Pariaman, Kasubbag TU, Kasi-Kasi Kantor Kemenag, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Pokjaluh, Pokjawas, PAIF, PAH serta ASN Kemenag yang berdomisili di Padang Pariaman sekitarnya dan masyarakat yang hadir.

Sebelum pelaksanaan Shalat Ied, Sambutan dari Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni dan penyampaian laporan kegiatan Ibadah Qurban oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Padang Pariaman, H. Helmi. Penyampaian khaifiat dan tata cara berjamaah pada Shalat Idul Adha oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kab. Padang Pariaman, Adri Ahmad. Bertindak sebagai Imam oleh Dahlan, Khatib Khutbah oleh H. Afrinaldi Yunas dengan mengangkat judul "Berqurban Mendekatkan Diri Kepada Ilahi".

Dalam sambutan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengatakan, "Tahun ini berbeda dari sebelumnya karena jamaah haji dunia termasuk Indonesia tidak bisa menunaikan ibadah haji seperti biasa karena pandemi Covid-19, sehingga jamaah haji kita dengar secara keseluruhan hanya berjumlah 1000 orang internal negara Arab dan itupun diatur dengan jarak serta protokol kesehatan", katanya saat memulai sambutan.

Ali Mukhni juga menjelaskan meskipun belum selesai 100 persen, Masjid Raya Padang Pariaman Parit Malintang dibuka untuk shalat 5 waktu, Jum'at dan Hari Raya. “Meskipun baru selesai 1/3 dari rencana pembangunan, masjid yang saat ini sudah dilengkapi oleh travelator bagi para difable tetap mulai dibuka untuk sholat 5 waktu berjamaah serta shalat Jum'at. Nantinya pembangunan masjid akan dilengkapi dengan menara setinggi 65 m, lift serta pembuatan akses jalan pelindung menuju kantor Bupati,” imbuhnya.

Sementara itu Kakankemenag Padang Pariaman, H. Helmi mengatakan jumlah Qurban tahun ini di Padang Pariaman mencapai 2554 ekor hewan kurban. “Jumlah qurban secara keseluruhan di Padang Pariaman tahun ini berupa 3 ekor kerbau, 2392 ekor sapi dan 149 ekor kambing", terangnya.

Selanjutnya H. Helmi juga menjelaskan pelaksanaan penyembelihan menyebar merata mulai dari Kantor Bupati Parit Malintang, Kantor Kementerian Agama, 17 KUA Kecamatan se-Kab. Padang Pariaman. Rendra.