Monitoring Perdaftaran Haji Dalam layanan Inovasi

Monitoring Perdaftaran Haji Dalam layanan Inovasi
Monitoring Perdaftaran Haji Dalam layanan Inovasi

Kamang Magek, Humas-- Dalam upaya meningkatkan pelayanan haji pada masyarakat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam Edy Oktafiandi lakukan monitoring pendaftaran haji di kantor Siskohat Kementerian Agama Kabupaten Agam belakang balok Bukittinggi pada hari rabu, 05/08/2020. 

Edy Oktafiandi menyebutkan bahwa Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten telah meluncurkan program- program inovatif berkaitan dengan Haji dan Umrah yang tujuannya bagaimana masyarakat terlayani dengan baik dan memuaskan.

Edy menyebutkan ada lima/ 5 program inovasi pada seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam yakni :

1. CERMAT yakni akronim dari Cepat, ramah, murah, dan tuntas mencakup : tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang berkwalitas cepat dan transparan, proses pelayanan belum seluruhnya terstandarkan, sistem pelayanan belum optimal dan perlu pembaharuan secara bertahap dan contineu dan pengeluaran dana masyarakat kurang efektif dan efesien akibat ketidak tahuan jenis dan produk layanan haji dan umrah serta kondisi geografis kabupaten Agam.

2. MITRA yaitu Menjalin Integritas Jaringan kerja penyelengaraan Haji dan Umrah meliputi : dimensi program lintas lembaga/ kementerian, dukungan lintas program belum optimal, belum ada formulasi penyelenggaraan yang dilakukan lintas kementerian, dan kepentingan pribadi.

3. SEHATI adalah Sistem Edukasi Haji Terintegrasi dengan melihat latar belakang jamaah beragam, frekwensi manasik sangat minim, perbedaan kebijakan antara pemerintah Republik Indonesia dan Arab Saudi, materi yang disajikan sering tidak relevan, ada intervensi terhadap kebijakan pemerintah, belum ada silabus yang dibekukan, kepentingan pribadi, bina hubungan dan interaksi antara jamaah belum optimal dan kondisi geografi Kabupaten Agam.            

4. BIMOHAJ adalah Bimbingan Do'a Manasik Haji dengan melihat belum semua jamaah mampu dan memahami do'a manasik dengan baik dan benar.

5. PUJAAN HATI yakni Program Unggulan Jalinan dan Kunjungan Jemaah Tiada Henti meliputi hubungan emosional antara penyelenggara dengan jamaah belum terjalin secara optimal, kondisi jemaah kouta berjalan tidak diketahui secara menyeluruh dan belum adanya upaya pemberian advokasi kepada jemaah pasca Haji.

maka program atau layanan inovasi- inovasi pada seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini kita harapkan memang terwujud sehingga kalau dapat kita simpulkan pelayanan ini memang DARI HATI dengan SEPENUH HATI serta HATI-HATI, ungkap Edy.

pada acara monitoring ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam di dampingi oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam Zulkarnain Batu Bara. (Junaidi).|Mira