Kepala MIN 7 Pessel Ingatkan Setiap Guru Untuk Lengkapi Laporan Administrasi Bulanan

Kepala MIN 7 Pessel Ingatkan Setiap Guru Untuk Lengkapi Laporan Administrasi Bulanan

Painan, Humas-- Selain melaksanakan pembelajaran Daring dan Luring, tenaga pendidik dan kependidikan juga harus melengkapi segala laporan administrasi bulanannya. Hal ini merupakan sebagai wujud pertanggung jawaban guru atau tenaga pendidik dalam melaksanakan tugasnya di Madrasah pada masa Pandemi. 

Hal ini di sampaikan Azwar Alif selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN 7) Pesisir Selatan saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (06/08/2020). Pada kesempatan itu, Azwar juga menjelaskan tentang kelengkapan administrasi guru yang harus dan wajib untuk di siapkan dan menjadi sebuah hasil laporan kerja. Tidak hanya pada masa pandemic saja, namun pada pembelajaran normal atau tatap mukapun kegiatan tersebut selalu menjadi keharusan dan bahkan wajib sebagai tenaga pendidik maupun sebagai tenaga kependidikan.

Adapun bentuk administrasi guru yang di maksudkan itu antara lain, membuat agenda harian yang di tanda tangani setiap minggunya oleh kepala Madrasah, membuat program pembelajaran yang bersifat darurat dengan menyesuaikan situasi pandemik yang menggunakan system pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR) dengan menggunakan media Daring atau Luring, merekapitulasi hasil pembelajaran yang di laksanakan, baik hasil pembelajaran berupa teori maupun yang berupa praktek.

"Merekomendasikan setiap kegiatan yang dilakasanakan, paling tidak per KD yang telah di sajikan. Serta membuat rekapitulasi absensi siswa yang ikut dan yang tidak ikut dalam proses pembelajaran yang kita lakukan, sehingga dari situlah kita dapat memetakan hasil ketercapaian bagi siswa dalam menerima pembelajarannya selama masa pandemik. Semua laporan tersebut setiap akhir bulan atau Minggu pertama pada bulan berikutnya sudah siap di kumpulkan dalam kondisi yang telah dijilid dan di serahkan kepada Koordinator Pendidikan bidang Kurikulum Osrial Mural sebelum nantinya di yanda tangani oleh Kepala Madrasah," ungkap Azwar.

"Disiplin terhadap hasil kerja merupakan salah satu bukti keprofesionalan kinerja guru dan pegawai pada suatu Madrasah. Hal ini akan memberikan dampak positif yang sangat signifikan terhadap keberhasilan kinerja guru dan pegawai dalam mensukseskan setiap program-program pendidikan yang telah di canangkan oleh Madrasah. Seiring dengan itu juga kualitas dan mutu pendidikan pun dengan sendirinya kedepan akan terus meningkat dan lebih baik lagi,” papar Osrial Nural. [Melni]VN