DMI Dharmasraya Laksanakan Musda

DMI Dharmasraya Laksanakan Musda

Dharmasraya, Inmas—Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Dharmasraya laksanakan Musyawarah Daerah ke-3 dengan tema “Konsolidasi Organisasi dan Optimalisasi Program Kerja untuk Meningkatkan Peran Strategis DMI Memakmurkan Masjid” di FKUB Dharmasraya, Kamis (07/08).

Peserta dari Musda terdiri dari Utusan PW DMI Provinsi Sumatera Barat, PD DMI Kabupaten Dharmasraya, Pengurus Mesjid Agung Babussalam Pulau Punjung, Utusan PC DMIK Kecamatan, ditambah dengan Utusan Masjid Besar Kecamatan. Total peserta sebanyak 50 orang.

Sulhan Harahap selaku ketua panitia DMI mengucapkan terima kasih kepada DMI provinsi karena telah memberikan arahan kepada DMI Kabupaten sampai saat ini. Selain itu, ia juga berterima kasih terhadap dukungan dari Kepala Kemenag Dharmasraya, Pemda, dan Bank Nagari Pulau Punjung.

Musda kali ini, meliputi penyusunan program kerja, membentuk pengurus baru untuk tahun 2019 s.d  2024, dan ditambah dengan sidang komisi.

Ketua DMI Dharmasraya Syahrul Furqon menyampaikan bahwa program DMI di masa pandemi sudah mulai tampak. Hal itu ditandai dengan adanya bantuan dari DMI pusat untuk masjid-mesjid di daerah, seperti disinfektan di masa pandemi ini. Ia juga berharap supaya DMI ke depannya jauh lebih baik lagi.

Kakan Kemenag Dharmasraya Abdel Haq mengatakan pentingnya keberadaan DMI di Dharmasraya, karena sebagai wadah bagi pengurus masjid untuk membicarakan kemajuan dan kesejahteraan umat di masa datang.

“Apabila DMI bisa dikelola dengan baik, ini merupakan modal, aset bagaimana menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat. Seperti yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.,” katanya.

Ia kemudian mengingatkan tentang peranan masjid di masa Rasulullah. Berbagai kegiatan diprogramkan di masjid untuk kemajuan dan kemaslahatan umat.

“Apabila sudah dimulai di masjid, Insya Allah akan terwujud SDM yang handal, yang dibekali dengan keimanan dan ketaqwaan.”

Katanya pula, apabila Masjid Islamic Center Dharmasraya telah difungsikan, maka akan dilengkapi dengan lembaga pendidikan, pembinaan remaja, pengajian tafsir Al-Quran, tahsin Al-Quran serta pembinaan muslimat.

Pimpinan Wilayah DMI Sumbar Hasan Zaini berharap nanti akan adanya penyempurnaan peda pengurus-pengurus baru. Selain itu, adanya keterwakilan yang lebih lengkap dari ormas Muhammadiyah, Perti, Tarbiyah, NU, dan sebagainya. Termasuk juga adanya penambahan pada bidang-bidang tertentu seperti bidang ekonomi.

Jika Masjid Agung Dharmasraya selesai dibuat, ia berjanji bahwa pengurus DMI akan berkantor di masjid tersebut sebagaimana dengan Majelis Ulama Dharmasraya.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Bupati Dharmasraya yang diwakili Sekda Dharmasraya, Adlisman. Ia mengajak segenap pengurus untuk membangun umat dharmasraya.

‘Mari kita membangun umat untuk dharmasraya!” ajaknya.

Lanjut Sekda, Pemda Kabupaten Dharmasraya di bawah Kepemimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, tengah giatnya membangun infra struktur, sentra-sentra ekonomi. 

"Pada hari ini baru saja diresmikan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM). Satu-satunya untuk wilayah Sumatera, dengan anggaran 46 miliar."

Katanya, kehadiran IKM diharapkan mampu memacu mobilitas perekonomian Dharmasraya ke depan. Sedangkan untuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan masyarakat, tengah dibangun Masjid Islamic Center Dharmasraya, yang diperkirakan bisa dimanfaatkan pada tahun ini.

Adapun yang terpilih menjadi pengurus DMI Kabupaten Dharmasraya untuk periode 2019-2024 adalah: Adlisman, Sekda Dharmasraya, sebagai Ketua Pengurus Harian. Sedangkan Zulhenri, Kasi Bimas Islam Kemenag Dharmasraya terpilih sebagai Sekretaris Pengurus Harian.

Ketua Mutasyar dipegang oleh Guru Besar IAIN Batu Sangkar, Hasan Zaini. Untuk Ketua Dewan Pakar adalah Syahrul Furqan, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. (Indra)|DW