Hari Kedua Lokakarya, Guru MTsN 4 Pasaman dituntut Kreatif dan Inovatif Dalam Menghadapi Pembelajaran Era New Normal

Hari Kedua Lokakarya, Guru MTsN 4 Pasaman dituntut Kreatif dan Inovatif Dalam Menghadapi Pembelajaran Era New Normal

Bonjol, Humas --Pelaksanaan lokakarya hari kedua dilanjutkan pada hari Selasa, (11/8) setelah Jumat lalu dibuka secara resmi oleh kakankemenag Kabupaten Pasaman, yang juga bertindak sebagai narasumber.  Pada hari kedua,  lokakarya lebih menitik beratkan pada strategi guru dalam pembelajaran era new normal,  baik berupa daring ataupun luring. 

Pemateri kedua adalah Feri Fren,  yang sudah malang melintang dalam memberikan materi terkait peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran serta peningkatan mutu sekolah atau madrasah.  Materi yang disuguhkan sangat apik itu,  menutut produk akhir berupa media pembelajaran serta perangkat seperti RPP dan juga Handout. 

Feri Fren juga membagikan trik agar pembelajaran luring yang sedang dilaksanakan oleh siswa MTsN 4 Pasaman tidak monoton dan lebih bermakna.  Melalui aplikasi berupa Mind Mapping dan juga Bandicam,  guru MTsN 4 Pasaman mencoba menyajikan media pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa terutama selama BDR (Belajar Dari Rumah)  selama era new normal. 

Tak hanya sampai disitu,  produk berupa video pembelajaran,  RPP dan handout yang telah dibuat oleh guru dalam rentang setengah hari ini,  juga dikupas tuntas guna mendapatkan masukan agar bisa disempurnakan lagi dan siap disajikan nantiya kepada siswa. Bahkan diakhir pertemuan,  Feri Fren juga membagikan software berupa kartun animasi yang bisa dipelajari dan dicobakan oleh guru MTsN 4 Pasaman sehingga media pembelajaran yang ditampilkan nanti lebih variatif. Bahkan sebagai penyemangat dan apresiasi, Feri Fren menyiapkan 3 hadiah bagi 3 mapel yang menghasilkan produk akhir paling bagus dimana mapel terpilih setelah penjurian yaitu kelompok mapel IPA,  Matematika,  dan Bahasa Indonesia

Kepala MTsN 4 Pasaman,  Hj. Raflis sangat mengapresiasi semangat guru guru MTsN 4 Pasaman yang bahkan merekam video pembelajaran dengan menyebar di lokasi dan ruang kelas madrasah yang kosong. 

"Melalui lokakarya ini kita mengharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas SDM tenaga pendidik MTsN 4 Pasaman.  Sehingga,  meskipun saat ini siswa kita belajarnya dari rumah,  namun tidak mengurangi kebermaknaan proses belajar dan mengajar.  Menjadi guru pada zaman sekarang harus lebih kreatif dan inovatif, dan harus mengakrabkan diri dengan perangkat IT. Tenaga pendidik yang berkualitas, akan menjadikan madrasah kita menjadi madrasah hebat dan bermartabat.  Dan itu semua,  tak terlepas dari usaha kita bersama.  Usaha yang terus menerus dan berkesinambungan antar civitas akademik MTsN 4 Pasaman.  Dan diharapkan,  produk yang Bapak/Ibuk pelajari lewat lokakarya hari ini,  bisa langsung kita gunakan pada kegiatan pembelajaran luring kita mulai hari Senin depan" urainya panjang lebar.  (arya) |Mira