Kemenag Pasaman Luncurkan Program Talk Show

Kemenag Pasaman Luncurkan Program Talk Show

Pasaman, Inmas—Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman meluncurkan program baru di bidang kehumasan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Asrul mengatakan program terbaru tersebut berbentuk talk show yang membahas tentang produk-produk Kemenag, Kamis (13/8).

Dikabarkannya, talk show ini telah dilaksanakan pada bulan Juli lalu dengan mengangkat tema pelaksanaan ibadah qurban yang mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama. Bahasan ini dikemas dalam segmen IPK atau informasi Peraturan Kementerian Agama dengan nara sumber Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Dedi Wandra, Kasi Bimas Islam Hasyyunil dan dirinya sendiri selaku koordinator qurban.

Lanjutnya, melalui humasnya ada beberapa tema yang diapungkan dalam talk show yakni BERITAHU (Bertanya Informasi Tentang Haji dan Umrah), BERBUAT (Berbicara Urusan Zakat), OTW (Obrolan Tentang Wakaf), IPK (Informasi Peraturan Kementerian Agama), Kawin (Konsultasi Masalah Perkawinan), OPINI (Obrolan Pendidikan Islam), CAPAI (Ceramah Agama Penyuluh Agama Islam), Koran Pagi (Konsultasi Peraturan Pegawai Negeri) dan DIKTUM (Diskusi Kerukunan Antar Ummat).

Dirinya sangat mendukung dan menilai program ini postif bermuatan manfaat dalam rangka memberikan pelayanan informasi sekaligus edukasi kepada masyarakat khususnya di ranah Pasaman ini.

Penyusun Bahan Siaran dan Pemberitaan Yusuf menambahkan, tujuan dari program kehumasan yang dikemas dalam bentuk talk show tersebut untuk memberikan layanan informasi publik Kabupaten Pasaman, mengimplementasikan Undang-Undangan Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, menjaga citra positif lembaga sehingga dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat Pasaman, memberikan edukasi kepada ASN Kankemenag dan mewujudkan masyarakat yang taat terhadap syariat agama Islam.

Disampaikannya, program ini dilakukan secara rekaman dengan lokasi diluar dan dalam kantor dan ditayang tunda di akun media sosial Kankemenag Pasaman Televisi.

Lagi, Yusuf mengatakan agar program talk show ini tidak terlihat kaku dan monoton, dilakukan secara elegan, dan santai yang dikerjakan secara tim.

“Alhamdulillah sudah dua kali diselenggarakan mohon dukungannya, dan baru saja dilaksanakan pada (10/8) mengangkat segmen OPINI dengan tema SKB 4 Menteri tentang panduan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 dengan nara sumber Kepala kantor," terangnya.(abie78)|DW