MAN 2 Pessel Maksimalkan Pelaksanaan Pembelajaran Daring

MAN 2 Pessel Maksimalkan Pelaksanaan Pembelajaran Daring

Painan, Inmas-- MAN 2 Pesisir Selatan selalu berupaya memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran daring yang saat ini tengah dilaksanakan guru dan siswa. Salah satunya melalui pemanfaatan aplikasi pembelajaran daring (online) dan melalui peningkatan kemampuan guru dalam merancang dan mempersiapkan pembelajaran daring untuk siswa. 

Terkait hal itu, pimpinan Madrasah memberikan pelatihan pada guru tentang bagaimana mengakses dan melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui aplikasi Geschool. Ditambah dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran Pelatihan secara keseluruhan kepada guru dilaksanakan ada Rabu (12/08) di madrasah tersebut. Pelatihan sendiri merupakan kelanjutan dari lokakarya yang dilaksanakan selama dua hari sebelumnya.  

Menurut Wakil Bidang Kurikulum Metriadi, sekaligus narasumber pelatihan pada hari itu, pelatihan terkait aplikasi Geschool ini merupakan kelanjutan dari pelatihan pada Kamis Minggu sebelumnya. Dimana ketika itu sebagian guru telah dilatih untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai sarana pembelajaran daring. Selanjutnya guru yang telah dilatih diminta menjadi tutor bagi guru lainnya yang belum mengikuti pelatihan. 

Disamping itu, untuk pelatihan membuat video pembelajaran menggunakan Aplikasi pembuatan video juga dilaksanakan pada hari itu. Adapun pemateri untuk pembuatan video ini adalah Suhardi Nasution yang berasal dari madrasah itu sendiri. Selama hampir 4 jam guru dilatih membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi Bandicam. 

Menurut Kepala MAN 2 Pessel Ahmad Asdi, pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran Geschool dan membuat video pembelajaran ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh guru. Mengingat saat ini pembelajaran daring masih diselenggarakan. Guru sangat membutuhkan adanya aplikasi yang memudahkan dan terjangkau bagi siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran tersebut. (Weni).|Mira