Kakanwil Launching PTSP Haji dan Umrah Kemenag Kota Padang, Ini Program Unggulannya

Kakanwil Launching PTSP Haji dan Umrah Kemenag Kota Padang, Ini Program Unggulannya

Padang, Inmas--Hari ini , Kamis (13/08)  Kakanwil  H. Hendri didampingi Kakan Kemenag Kota Padang H. Marjanis dan Kasi PHU H. Hendri Yazid melaunching dan meresmikan beberapa program unggulan dalam pelayanan haji  di Kota Padang.

Bertempat di  gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) ditandai pemotongan pita oleh Kakanwil bersama Wali Kota, Kakan Kemenag dan Ketua DPW FK KBIHU Prov. Sumbar H. Amora  Lubis melaunching program unggulan seksi PHU Kankemenag Kota Padang.

Program yang disebut inovasi dan patut dibanggakan kata Kakanwil itu adalah Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), launching Bimbingan Manasik Sepanjang Tahun (MHST) l, pembentukan pengurus Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) Kota Padang dan menyaksikan penandatanganan MOU.

"Kita apresiasi dan bangga dengan bapak Kakankemenag Kota Padang dan jajarannya karena banyak inovasi termasuk di bidang penyelenggaraan haji dan umrah," ucap Kakanwil sambil berpantun.

Kakanwil merasa bangga karena jajaran Kankemenag Kota Padang berhasil memutus alur pelayanan pendaftaran haji yang selama ini dianggap panjang melalui pelayanan pusat layanan  satu pintu di gedung PLHUT.

Ia juga mengapresiasi usaha Kankemenag Kota Padang dalam meningkatkan layanan pembinaan calon jamaah haji melalui manasik haji sepanjang tahun.

"Pemerintah terus meningkatkan kualitas pembinaan manasik haji dengan mengupayakan setiap jamaah mampu menunaikan haji secara mandiri dengan program manasik haji sepanjang tahun", kata H Hendri.

Masih pada kesempatan itu, Kakanwil mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus FK KBIHU Kota Padang dan Ia berharap dengan keberadaan forum Komunikasi dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan KBIH di Kota Padang.

Selain itu, Kakanwil juga menyaksikan penandatanganan MOU antara Kakankemenag dan  Dirut Bank Nagari Syariah sebagai salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS BPIH)  yang siap langsung melayani calon jamaah haji di gedung PLHUT.

Sedangkan Kakan Kemenag dalam hantaran kata menyampaikan bahwa keberhasilan penyelenggaraan termasuk pelayanan haji dan umrah di Kota Padang tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan Kakanwil Kemenag Prov. Sumbar dan kerjasama yang baik dengan mitra seperti Pemko Padang, BPS BPIH dan KBIHU se-kota Padang.

Sedangkan ketua panitia H. Hendri Yazid dalam laporannya menuturkan selain program yang dilaunching pada kegiatan itu, ada beberapa program unggulan lainnya yang telah dijalankan seperti program sapa jamaah, program padang haji dan program padang mabrur. (rzk)|DW