Ka. Kankemenag Buka Raker MAN 1 Bukittinggi

Ka. Kankemenag Buka Raker MAN 1 Bukittinggi
Ka. Kankemenag Buka Raker MAN 1 Bukittinggi

Bukittinggi, Humas--Kinerja seseorang dalam sebuah instansi atau lembaga akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan kesuksesan gerak langkah instansi tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai instansi adalah dengan mengajak mereka ikut menentukan program kerja yang akan dijalankan. Kegiatan yang bisa mengajak semua komponen ikut serta berpartisipasi aktif adalah rapat kerja (raker).

MAN 1 Bukittinggi dalam menghadapi tahun pelajaran 2020/2021 Kamis (13/08/2020) bertempat di Aula Hotel Pusako Kota Bukittinggi mengadakan rapat kerja. Rapat kerja tersebut terlaksana dalam rangka mencurahkan pemikiran sampai kreativitas dalam penyusunan program kerja dengan mengangkat tema “Kita Tingkatkan Manajemen Madrasah Yang Terencana, Terukur Dan Teralisasi”. Hal tersebut disampaikan Drs Irsyad Kepala MAN 1 Bukittinggi dalam pembukaan raker.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam menyusun program yang akan dilaksanakan Madrasah. Terima kasih kami sampaikan kepada panitia dan pengurus komite yang telah sukses mewujudkan raker ini di tengah masa New Normal. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada bapak/ibuk waka yang telah bekerja selama lebih kurang tiga tahun ini, Alhamdulillah berkat kegigihan bapak/ibuk dan kerjasama kita semua MAN 1 Bukittinggi sukses dalam berbagai kegiatan,” tuturnya.

Rapat kerja tersebut di buka langsung Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Gazali dan Ketua Komite MAN 1 Bukittinggi H. Syafril dengan diikuti oleh semua guru dan pegawai dari berbagai komponen pengajar dan pelaksana tugas kependidikan di MAN 1 Bukittinggi.

Pada sambutannya H. Kasmir mengajak peserta peserta raker untuk bahu membahu mewujudkan program madrasah yang sesuai dengan visi misi Kementerian agama tahun 2020-2024 yaitu Kementerian Agama yang profesional dan handal dalam membangun masyarakat yang shaleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gontong royong,” ajaknya.

H. Kasmir mengatakan suasana raker tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya karena Pandemi Covid-19. “Kami mengajak kita semua untuk selalu menjaga kesehatan dan memastikan civitas akademik, para siswa dan lingkungan Madrasah aman dari covid-19 serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam raker ini kepala Madrasah wajib membuat Rencana Kerja Madrasah dan melaksanakan Evaluasi Diri Madrasah yang berpatokan pada standar yang di tetapkan dalam rangka menyusun program kerja sesuai visi misi Kementerian Agama,” tuturnya lagi.

Selanjutnya orang nomor satu di Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini mengajak peserta raker untuk bervisi masa depan madrasah yang hebat dan bermartabat. Madrasah yang hebat dan bermartabat adalah slogan utama Kementerian Agama terhadap madrasah di semua jenjang di seluruh wilayah nusantara, untuk itu mari kita wujudkan bersama untuk merubah bangsa ini menjadi makin maju. Caranya adalah dengan membuat program dalam rangka membawa anak-anak didik kita berkarakter pelajar Islam yang berakhlaq mulia.

Penjababaran dari visi Kementerian Agama tersebut di Madrasah ialah profesional dalam melaksanakan tugas di madrasah dengan memiliki keahlian dan keterampilan, andal dengan selalau dapat di percaya dalam menghasilkan anak didik yang berkualitas di madrasah, shaleh yaitu taat dan sungguh-sungguh beribadah, moderat yaitu selalu menghindari prilaku yang ekstrem, cerdas yaitu sempurna perkembangan akal budinya dan unggul artinya mempunyai kelebihan tersendiri. (Syafrial)|Mira