Kakankemenag Kota Padang Sampaikan Hikmah Ibadah Haji

Kakankemenag Kota Padang Sampaikan Hikmah Ibadah Haji

Padang, Humas-- Beri materi bimbingan manasik di Aula gedung pusat layanan Haji Umrah Terpadu (PLHUT), Kamis (13/08) Kakankemenag Kota Padang H Marjanis sampaikan hikmah ibadah haji.

Kegiatan diikuti  peserta  berjumlah 70 orang yang berasal dari Calon Jemaah Haji dan berlangsung selama satu hari yaitu hari Kamis tanggal 23 Agustus 2020.

H Marjanis dengan jelas menyampaikan delapan hikmah ibadah haji. Kedelapan hikmahnya yaitu pertama kepatuhan dan penyerahan diri kepada Allah SWT, kedua meningkatkan kedisiplinan, ketiga senantiasa mengingat kematian dan keempat senantiasa memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Selanjutnya hikmah haji berikutnya  disampaikan adalah yang kelima motivasi peningkatan diri, keenam mendidik jiwa sabar, ketujuh menumbuhkan jiwa solidaritas dan kedelapan menjiwai perjuangan Rasulullah.

"Sedangkan hikmah yang bisa diambil dalam  berihram adalah pertama niat, seseorang ketika berniat saat ihram maka hikmahnya disaat itu ialah sesungguhnya ia memenuhi panggilan Allah diseetai keyakinan dengan meninggalkan kampung halaman, gelar, titel, status dan memakai dua helai kain ihram yang tidak berjahit  bermakna mengingatkan kita dengan kain kafan mayat yang akan dikubur", terang Kakankemenag yang pernah menjadi petugas haji dari Kota Padang ini.

Selain itu, Ia juga menerangkan hikmah dari setiap rangkaian ibadah haji seperti hikmah talbiyah, hikmah tawaf, hikmah hajar Aswad, hikmah di Multazam, hikmah di makam Ibrahim, hikmah, hikmah sai, hikmah bercukur.

Hikmah wukuf, hikmah mabit, hikmah melontar jumroh, hikmah dam dan hikmah tawaf wada pun tak luput dijelaskan Kakankemenag yang mempunyai motto biarlah tidak dapat juara dua, asalkan dapat juara satu ini. (rzk)