Wakili Kakanwil, Kabag TU Tutup Kegiatan Lomba Pantun DWP

Wakili Kakanwil, Kabag TU Tutup Kegiatan Lomba Pantun DWP

DR. Amril dan DR. Ndut juri Lomba Pantun sedang membacakan hasil lomba.[foto by:DW]

Padang, Humas--Lomba Pantun yang digagas DWP Kanwil Kemenag Sumbar dalam rangka HUT RI ke-75 berjalan dengan lancar dan sukses walaupun diwarnai dengan sedikit kendala jaringan internet. Hal itu disampaikan Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan saat menutup kegiatan tersebut secara resmi mewakili Kakanwil di ruang kerja Kakanwil, Kamis (13/8).

H. Irwan sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar beserta seluruh jajaran dan panitia yang telah mempersiapkan acara lomba pantun ini dari jauh  hari. Ini terobosan yang luar biasa dan merupakan sejarah baru mengadakan lomba pantun, ini tentu memberikan sesuatu yang baru dan menimbulkan semangat baru untuk kemajuan Dharma wanita dimasa akan datang.

Menurut H. Irwan pantun berasal dari bahasa minang dimana bahasa pantun adalah bahasa yang digunakan dalam menyampaikan sesuatu sehingga membuat seseorang lebih tentram. Orang yang berpantun akan menyampaikan pesan pesan dengan bahasa yang indah, walaupun terkadang bermakna sebuah kemarahan, rasa kecewa, rasa sedih namun dengan bahasa pantun menjadi  menyejukkan bagi si penerimanya.

Pantun itu akan membuat orang kreatif berfikir karena orang harus mampu menangkap makna kata dengan cepat dan menyampaikan balasan dengan bahasa seni yang luar biasa.

“Orang yang berpantun adalah orang-orang yang memiliki kreatifitas tinggi dan daya nalar yang tinggi,” ujar H. Irwan.

Dengan berpantun membuat komunikasi terasa lebih dekat. Minangkabau daridhaulu menyampaikan segala sesuatu dengan bahasa petatah petitih dan itu merupakan bahasa pantun.

“Jadi apa yang dilakukan DWP pada hari ini adalah dalam rangka mengembalikan ruh minangkabau,” membangun kembali budaya Sumatera Barat dengan berpantun.

Diakhir sambutannya Kabag TU mengucapkan selamat kepada pemenang, dan tentu akan memberikan semangat yang luar biasa kedepannya dengan terus berprestasi. Dan kepada yang belum menjadi juara, jadikan ini peluang untuk menjadi lebih baik.

Tak lupa ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Kabag TU kepada Ketua DW Kemenag Kabupaten Kota se Sumatera Barat beserta jajarannya karena telah ikut berpartisipasi satu hari full.

“Kedepan akan banyak kreatifitas yang lain dengan bahasa bahasa yang indah dan akhirnya menjadi sebuah buku pantun yang akan menjadi catatan sejarah di Era 2020 telah melahirkan buku pantun,” ujar Kabag TU.

Adapun yang menjadi pemenangnya adalah, untuk DW Murni : Juara I: DW Kemenag Kota Padang Panjang atas nama Ny. Sri Nanda, Juara II: DW Kemenag Kabupaten Sijunjung atas nama Ny. Febridawati, Juara III: DW Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar atas nama Ny. Rina Yulifrti, Harapan I: DW Kemenag Kab. Tanah Datar atas nama Ny. Syamsibarti, Harapan II: DW Kemenag Pasaman Barat atas nama Ny. Yesi Kusmira, Harapan III: DW Kemenag Kab. Padang Pariaman atas nama Ny. Nazifah.

Sedangkan untuk kategori DW ASN, Juara I: DW ASN Kankemenag Kota Pariaman atas nama Sarminingsihwari, Juara II: DW ASN Kankemenag Tanah Datar atas nama Irnawati, Juara III: DW ASN Kankemenag Kota Padang atas nama Rahmidiah, Harapan I: DW ASN Kankemenag Payakumbuah atas nama Resi Susanti, Harapan II, DW ASN Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumbar atas nama Indra Zamakosti, Harapan III: DW ASN Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sumbar atas nama Metra Suryati. [vn-DW]