Kendati Digelar Secara Daring, Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekan RI Berjalan Khidmat

Kendati Digelar Secara Daring,  Upacara  Detik-detik Proklamasi Kemerdekan RI Berjalan Khidmat

Sawahlunto, Inmas- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 berbeda dibanding tahun sebelumnya disebabkan situasi serta kondisi negara masih diselimuti  wabah Pandemi Covid-19.

Sesuai petunjuk, perayaan HUT RI ke-75 tidak disertai Detik-detik Proklamasi maupun Pengibaran Bendera Merah Putih yang diikuti beramai-ramai sebagaimana tahun dulu melainkan hanya upacara bendera biasa secara sederhna dan itupun peserta dibatasi, begitu pula tanpa ada acara-acara lain yang mengundang banyak orang.

Untuk Kota Sawahlunto sendiri, upacara bendera dilakukan di Halaman Parkir Balaikota Sawahlunto yang digelar pagi hari dengan membatasi jumlah peserta, mayoritas para pejabat terkait kemudian dilanjutkan menyaksikan secara bersama Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditayangkan langsung Televisi Nasional.

Sementara itu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Sawahunto, Senin (17/8), Aparatur Sipil Negara hanya diperkenankan menyaksikan dan mengikuti siaran langsung Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan melalui Televisi di tempat tugas masing-masing tanpa adanya upacara bendera.

Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto H. Idris Nazar memberikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran termasuk Kantor Urusan Agama maupun Kepala Madrasah yang telah menyelenggarakan kegiatan menyaksikan dan mengikuti Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di tempat tugas masing-masing melalui televisi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tampak berbagai dokumentasi foto yang disebarkan satuan/unit kerja Kemenag Kota Sawahlunto ke media sosial WhatsApp (WA) mengikuti Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di tempat tugas mereka dengan telah menyiapkan tempat khusus hingga menampilkan tayangan melalui layar lebar (infocus). Tak hanya itu, salah satu KUA sempat pula menghadirkan Penyuluh Agama Islam Non PNS mengikuti acara tersebut.

Kendati hanya sekedar menyaksikan secara daring Detik-detik Proklamasi yang diadakan Pemerintah Pusat di Halaman Istana Jakarta, ASN Kemenag Kota Sawahlunto mengikuti kegiatan tetap dengan khidmat sampai selesai. (f@hmi)|Mira