Monev PIGPM oleh Kakanwil Kemenag Sumbar di MTsN 1 Kota Pariaman

Monev PIGPM oleh Kakanwil Kemenag Sumbar di MTsN 1 Kota Pariaman

Pariaman, Inmas—Kepala Kantor Wilayah Kementarian Agama Provinsi Sumatra Barat memonitoring dan mengevaluasi (monev) Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) di MTsN 1 Kota Pariaman. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa siang (18/ 08).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman dan jajarannya. Di samping itu juga turut hadir kepala madrasah negeri se-Kota Pariaman, baik dari MI, MTs, dan MA termasuk juga guru pemula yang ada di madrasah tersebut. Khusus untuk MTsN 3 Kota Pariaman, MIN 1 Kota Pariaman, dan MIN 2 Kota Pariaman, monevnya langsung dilakukan di MTsN 1 Kota Pariaman. Sedangkan untuk MAN Kota Pariaman, dilakukan di madrasah tersebut setelah kegiatan di MTsN 1 Kota Pariman berakhir.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kota Pariaman, Drs. Miswan, merasa senang dan bangga karena Kepala Kanwil Kemenag Sumbar langsung memonitoring dan mengevaluasi guru pemula di madrasah yang ada di Kota Pariaman. “Dengan datangnya Bapak Kakanwil dan rombongan ke Kota Pariaman merupakan suatu kebanggaan bagi kita dan juga merupakan wujud perhatian Beliau kepada kita. Apalagi kita sangat membutuhkan bimbingan, binaan, arahan, dan petunjuk dalam melaksanakan tugas. Mudah-mudahan di masa yang akan datang masih ada waktu luang untuk kita di Kota Pariaman bersama Bapak Kakanwil,” ungkap Beliau.

“Kepada guru kita yang baru atau guru karena ada peraturan terbaru harus dibekali dulu supaya bisa mendapatkan hak-hak yang lainnya. Untuk itu, kami mohon kepada Bapak Kakawanwil untuk memberikan arahan dan binaan serta petunjuk kepada kita bersama khususnya guru pemula. Peserta guru pemula yang ada di sini sebanyak 14 orang, yaitu 6 dari MTsN 1 Kota Pariaman, 6 dari MTsN 3 Kota Pariaman, 1 dari MIN 1 Kota Pariaman, dan 1 dari MIN 2 Kota Pariaman. Mari kita dengarkan arahan dan petunjuk dari Bapak Kakanwil. Mudah-mudahan apa beliau sampaikan menjadi ilmu bagi kita dalam melaksanakan tugas,” harapannya menutup pembicaraan.

Dalam binaannya, Kepala Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, M. Pd. menjelaskan bahwa masa-masa guru pemula ini adalah masa adaptif bagi mereka ke profesi, situasi , dan kondisi baru. Apalagi bagi mereka yang berasal dari Luar Daerah Pariaman,” ujar Beliau.

“Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia, tidak hanya di mata manusia, tetapi paling tinggi di sisi Allah Swt. Untuk itu, kita perlu mensyukuri dengan cara melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dalam hal ini, kita harus meningkatkan kompetensi sebagai guru, yakninya kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Dengan demikian kita bisa mewujudkan madrasah hebat bermartabat,” tambahnya.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati juga merasa sangat senang dan bangga dengan kedatangan Kakanwil Kemenag Sumbar dan rombongan serta Kakankemenag Kota Pariaman dan jajarannya. “Alhamdulilah. Suatu berkah yang luar biasa bagi kami warga MTsN 1 Kota Pariaman atas kunjungan dan monev oleh Bapak Kepala Kanwil Kemenag Sumbar ke madrasah kita dan merupakan kebahagian tersendiri bagi kami. Terima kasih kepada Bapak Kakanwil atas kehadiran dan pembinaannya kepada kita semua. Terima kasih juga kepada Kepala Kankemenag Kota Pariaman serta rombongan. Semoga terwujud madrasah hebat bermartabat,” harapannya menutup pembicaraan.

Kegitan diakhiri dengan penyerahan laporan program induksi oleh Kepala MTsN 1 Kota Pariaman kepada Kakanwil Kemenag Sumbar dan diikuti oleh kepala madrasah yang lain. Penyerahan ini juga disaksikan oleh Kakankemang Kota Pariaman dan jajarannya, guru pemula, dan seluruh peserta yang hadir dalam ruangan. (Delsi).|Mira