Dilaunching Kakanwil, Kantor Kemenag Agam Resmi Miliki Pojok Literasi yang “Ciamik”

Dilaunching Kakanwil, Kantor Kemenag Agam Resmi Miliki Pojok Literasi yang “Ciamik”
Dilaunching Kakanwil, Kantor Kemenag Agam Resmi Miliki Pojok Literasi yang “Ciamik”

Agam, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam Resmikan keberadaan Pojok Literasi yang terletak di ruang PTSP Kantor setempat (28/8). Pojok Literasi yang diresmikan Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri merupakan kerjasama Kantor Kemenag Agam dengan Komunitas Penulis Penggiat Literasi (KPPL) Agam yang diketuai Gusmawitri.

Saat dilaunching, pada rak yang dipajang terdapat 30 judul buku yang merupakan hasil karya anggota KPPL Agam yang sebagian besarnya merupakan tenaga pendidik di Madrasah serta Penyuluh, Pengawas dan Pegawai di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam.

Selain 30 judul buku yang sedang terpajang, masih ada 74 judul buku lagi yang akan memenuhi rak pojok Literasi di Kemenag Kabupaten Agam dalam waktu dekat. “semuanya karya para guru, penyuluh serta pegawai di jajaran Kemenag Agam yang menjadi peserta Sagu Sabu pada November 2019 yang lalu. Dan saat ini 74 karya lagi menunggu proses cetak dari penerbit serta keluarnya katalog ISBN”, demikian keterangan Gusmawitri ketua KPPL Agam saat diwawancarai.

Saat diresmikan, Pojok Literasi yang dimiliki Kemenag Kabupaten Agam terlihat “Ciamik” bagi yang memandangnya. Etalase buku yang tergantung di sudut ruang PTSP dihiasi lampu kerlap-kerlip, serta hiasan bunga yang indah. Dengan tampilan Pojok Literasi yang menarik diharapkan minat baca dan menulis di Kemenag Agam beserta jajaran akan semakin menggelora dan menghasilkan karya-karya yang berguna bagi peningkatan mutu anak bangsa.

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri saat melaunching Pojok Literasi Kemenag Agam memuji besarnya geliat literasi di Kabupaten Agam. “Semangat membaca dan menulis perlu untuk terus didukung dan digiatkan untuk meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa”, ungkap Hendri.

“Dan Alhamdulillah atas keseriusan kita bersama di Kementerian Agama Sumatera Barat dalam mendukung literasi nasional, termasuk di Kabupaten Agam, kami dianugerahi sebagai Tokoh Literasi Nasional”, Pungkas Hendri.

Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi yang mendampingi Kakanwil saat menggunting pita tanda dilaunchingnya pojok literasi Kemenag Kabupaten Agam mengungkapkan bahwa “para guru, penyuluh dan pegawai di jajaran Kemenag Kabupaten Agam atas binaan dan pengarahan Bapak Kakanwil menjadi kian luar biasa dan tinggi perhatiannya terhadap literasi. Bahkan ada guru kita Ibu Trisna Sesriyenti yang telah menelurkan 7 Buku dalam rentang 5 bulan saja. Begitupun ketua KPPL Kabupaten Agam Ibu Gusmawitri juga sangat Inovatif dan giat. Sudah tiga kali lolos ke tingkat nasional sebagai penulis yang karyanya dihimpun oleh mediaguru dan diterbitkan. Dan ketika acara Satu Guru Satu Buku (Sagu Sabu) di Kabupaten Agam digelar, bukan hanya para guru Madrasah yang antusias mengikutinya tapi para penyuluh, pengawas, bahkan pegawai kemenagpun turut serta menimba ilmu kepenulisan”, terang Edy kepada Kakanwil. Alwi