Tiga Mahasiswa IAIN batusangkat, PKL di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat

Tiga Mahasiswa IAIN batusangkat, PKL di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat

Pasaman Barat, Inmas – Tiga mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, mulai Selasa (1/9) melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat. Siang ini, tiga mahasiswa yang dihantarkan dosen pembimbing, Abhanda Amra, diterima kepala kantor, Muhammad Nur.

Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, kepada Inmas, usai penerima mahasiwa PKL dari IAIN Batusangkar itu menyempaikan, sesuai surat pemberitahuan dari pihak kampus, dan diterima beberapa hari lalu. PKL di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, berlangsung selama dua bulan, dan akan berakhir tanggal 30 Oktober 2020 mendatang.

Agar kegiatan yang akan mereka laksanakan di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat terarah, dan ketiga orang mahasiswa bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Maha urusan layanan (kegiatan) yang mereka, dikuti dibagi ke tiga unit kegiatan, yaitu pada unit layanan umum, layanan kepegawaian, bersama layanan penyelenggaraan haji dan umrah, .     

Tim kepegawaian Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Lily Dewi Asti, dan Samsuir menjelaskan, secara teknis dan untuk memudahkan tiga orang mahasiswa ini melaksanakan proses pembelajarannya, pihaknya membagi pokok kegiatan di tiga unit layanan. Novita Sari ditempaykan di ruang kepegawaian, Melfia Merfadella, untuk layanan Haji, dan Febrianti di unit layanan umum.

Dosen pembimbing, Abhanda Amra, pada kesempatan yang sama menjelaskan, dilaksanakannya program PKL dan wajib diikuti setiap mahasiswa, seperti tiga orang di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, adalah tahapan dari kegiatan proses pembelajaran mahasiswa. Selain menimba ilmu, dan mengablikasikan ilmu teori, yang mereka peroleh di kampus.

PKL, tambahnya, juga sarana menggali ilmu pengetahuan, menambah wawasan, dan pengalaman setiap mahasiswa, sehingga ketika mereka lepas dari perguruan tinggi, seperti dari IAIN Batusankar, mereka tidak canggung lagi. Namun, agar proses pembelajaran di lokasi PKL berjalan maksimal, seperti harapan, masing-masingnya harus mengikuti aturan dan menjalankan tugas pembelajarannya, sesuai jadwalnya, secara maksimal. Zar|Mira