BOP KUA Harus Tertib Administrasi, Tepat Anggaran Upaya Optimalisasi Layanan

BOP KUA Harus Tertib Administrasi, Tepat Anggaran Upaya Optimalisasi Layanan

Sarilamak, Humas---Dalam rangka optimalisasi pengunaan dana Biaya Operasional (BOP) di jajajaran KUA Lima Puluh Kota Kemenag Lima Puluh Kota (09/09) melaksanakan Bimbingan dan Evaluasi pengelolaan BOP KUA Kecamatan. Kegiatan strategis tersebut dilaksanakan di Sago Bungsu II dengan 37 orang, dengan rincian peserta Kepala KUA dan Pengelola BOP KUA.

H. Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam arahannya menyampaikan, "Dana BOP KUA merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan keagamaan di KUA Kecamatan, oleh sebab itu saya berharap agar pengelolaan dana BOP tersebut memenuhi prinsip tertib administrasi, taat azaz, tetap sasaran serta tertip pelaporan", harapan alumni Candung.

Lebih lanjut ditegaskan, "Pelaksanaan BOP KUA diharapkan mampu meningkatkan dan memperkuat peran-peran strategis KUA sebagai garda terdepan pembinaan keagamaan. Biaya operasional sebagai hak KUA dalam menunjang tugas dan fungsi, KUA harus dikelola dengan pelaksanaan manajemen keuangan, pemahaman sistem pencairan, sistem pembelanjaan, sistem pelaporan serta pengadministrasian yang sesuai prosedur", tegas Kakan Kemenag
Ditambahkannya, Kepala KUA harus mampu menunjukan kreatifitas pengelolaan anggaran dengan mencermati kebutuhan dan membuat rencana anggaran yang dilengkapi jadwal pencairan agar aspek akuntabilitas,  ketepatan sasaran serta ketepatan waktu pelaksanaan anggaran dapat berjalan dengan baik, jelas H. Naharudin

Di sisi lain Kakan Kemenag juga menyampaikan, "Perubahan sosial dan kemajuan informasi merupakan satu keniscayaan yang harus direspon oleh KUA oleh sebab itu saya berharap agar Kepala KUA juga merubah pola pikir dan pola layanan di masyarakat, agar kualitas layanan KUA dapat mengikuti perubahan sosial tersebut, " harap H.Naharudin "

Sementara itu H. Safrijon Kasi Bimas Islam Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan media menjelaskan, "Kegiatan bimbingan dan evaluasi BOP KUA ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk memastikan pengelolaan dana BOP KUA berjalan sesuai dengan juknis yang sudah ditetapkan, sekaligus upaya untuk mengukur efektifitas BOP tersebut", terang putra Blok M tersebut.

Dijelaskan pula bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama satu hariri penuh, dengan nara sumber Kepala Kemenag Lima Puluh Kota, Kabid Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat dan Kasi Bimas Islam Kemenag Lima Puluh Kota. (APP)