Kakanwil Kemenag Sumbar Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun Tanah Datar

Kakanwil Kemenag Sumbar Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun Tanah Datar

Batusangkar, Humas--Ka Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Hendri didampingi Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul melaunching Manasik Haji Sepanjang Tahun di Kabupaten Tanah Datar berlangsung di aula Kemenag Rabu (9/9).

Selain MHST, Ka. Kanwil juga melaunching beberapa kegiatan di jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar diantaranya launching Bincang bincang Masalah Pernikahan ( Baperkah), Launching e-Bimas Islam dan Launching Zakat Muqayyat.

Penyerahan Sertifikat ucapan terima kasih dari Ka Kanwil Kemenag Sumbar kepada H. Masrizal pimpinan PT. Rizano Citra Mandiri Batusangkar atas hubbah tanah seluas 1600 M2 untuk Pembangunan gedung PLHUT Kabupaten Tanah Datar. Penyerahan Sertifikat kepada para Pembimbing Ibadah Haji Beraertifikat Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan MOU/ penandatangan Kerjasama penbinaan rohani di Rumah Tahanan Batusangkar dengan Kepala Rumah Tahanan. Selanjutnya peresmian pemakaian Mushallah Al Ikhlas Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Hadir dalam acara launching ke 11 di Sumbar tersebut, Kadis Kominfo H.Abrar, Kepala Rutan Batusangkar Buzarjos, Pimpinan PT. Rizano Cipta Mandiri, Pinpinan Bank Nagari Syariah Batusangkar Fitri Bahreni,  Kasubbag TU, Kasi, Ketua IPHI Tanah Datar H.Aulia Rijal, Ketua BPIH H. Nasrul Ismail, Ketua FKKM Tingkat  MA, MTS dan MI.

Usai kegiatan launching, Ka Kanwil dan Ka Kankemenag beserta pejabat Kemenag Kabupaten Tanah Datar meninjau langsung lokasi tanah recana pendirian pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di kawasan Bukit Gombak persis di samping SMA N. 3 Batusangkar.

Dalam kesempatan tersebut rombongan juga meninjau pelaksanaan pembangunan gedung Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Pariangan dan Kantor Balai Nikah dan Pondok Pesantren Tanjung Limau pariangan.

Ka. Kankemenag dalam sambutannya melaporkan jamaah calon Haji Kabupaten Tanah Datar  yang telah mendaftar sampai tahun 2040 berjumlah 5.883 orang. Sementara untuk keberangkatan jamaah calon haji tahun 2022 mendatang berjumlah 263 orang. 
Ia menjelaskan untuk pelaksanaan manasik bagi jamaah calon Haji , Kemenag Kabupaten Tanah Datar telah mempersiapkan 5 orang  para pelatih/nara sumber yang profesional dan telah memiliki sertifikat Kementerian Agama.

Dalam kesempatan tersebut Ka Kankemenag mengaturkan terima kasih kepada H.Masrizal atas hibbah Tanah PLHUT dibkawasan Bukit Gombak Batusangkar. Kemudian ucapan terima kasih kepada Fitri Bahreni Pimpinan Bank Nagari Syariah Batusangkar karena sudah memberikan banyak bantuan untuk Kemenag Kab.Tanah Datar.

Ka Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri dalam arahannya mengatakan jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar di Sumbar sudah berada di papan atas dalam melakukan perubahan dalam memajukan Kementerian Agama . 
Kemenag Tanah Datar sudah melakukan Launching Lima Inovasi Program Pelayanan Publik diantaranya Manasik Haji Sepanjang Tahun (MHST), Bincang bincang Seputar Namun kah (BAPERKAH),  Penyuluh Ke Rutan ( LUHTAN) , Zakat Muqayat (ZAMU), Dan Madrasah Tahfiz (MATA). 

Ka Kanwil Kemenag Sumbar bersyukur dan berterima kasih kepada Ka Kankemenag Tanah Datar yang telah melakukan Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun di Tanah Datar. Ia meminta kepada Ka Kankemenag dan Kasi Haji untuk memaksimalkan manasik Haji sepanjang Tahun tersebut, kapan perlu sampai ke Kecamatan dan Nagari di Kabupaten Tanah Datar. 

Dalam kesempatan tersebut Ka Kanwil juga memberikan pembinaan kepada peserta Bimbingan  Pra Nikah Remaja Usia Sekolah Angkatan II Kantor Kemenag Tanah Datar dengan tema ; Degan Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah, Menjadikan Siswa Lebih Memahami Arti Penting Hidup Berkeluarga yang diikuti sekitar 50 siswa di Mushalla Al Ikhlas Kemenag Tanah Datar.
Ka Kanwil menyampaikan rasa bangga dan salut kepada siawa madrasah telah mampu memberikan pencerahan di hadapan Ka Kanwil Dan Ka Kankemenag dengan materi seputar Keluarga Sakinah.  (Yon)vn