Guna Sukseskan PIGPM di MTsN 4 Padang, M Nur Berikan Pembinaan

Guna Sukseskan PIGPM di MTsN 4 Padang, M Nur Berikan Pembinaan

Parlaw, Humas -- Pengawas Kementerian Agama Kota Padang, M Nur berikan sosialisasi sekaligus pembinaan kepada guru pemula Madrasah Tsanawiyah (MTsN) 4 kota Padang dalam Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) di Aula Madrasah tersebut, Rabu,( 9/20).

Dalam arahannya, M Nur menyampaikan empat tantangan yang harus dijalani guru pemula, tantangan yang disampaikan yaitu pengenalan budaya madrasah , lingkungan madrasah dan siap berkomunikasi dengan warga madrasah.

"sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas kompetisi akademik, pedagogik, sosial, spritual, serta kepribadian bagi guru pemula dilingkungan Kementerian Agama Kota Padang", ungkapnya.

Selain itu Ia menjelaskan, guru juga dituntut untuk profesional dalam kemampuan mengajar , mendidik dan melatih peserta didik dengan baik sesuai dengan tuntutan peraturan yang berlaku.

" selain itu guru juga secara psikologis memerlukan rasa aman, nyaman dan tenang dalam melaksanakan tugasnya ditempat yang baru , karena secara teknis guru juga tempat bertanya, mendapatkan bimbingan mengenal visi dan misi madrasah" , terang M Nur.

Ia mengatakan, terkait proses penilaian PIGPM bagi guru pemula yang berstatus CPNS akan dilakukan penilaian tahap 1 oleh guru pembimbing yang terdiri dari 2 pembimbing bagi guru umum dan pembimbing guru agama , sedangkan guru agama cukup 1 orang satu pembimbing dari satu guru agama. " Selanjutnya, baru diambil kesimpulan tahap ke II yaitu oleh Kepala Madrasah disesuaikan dengan jadwal PIGPM sekitar bulan Oktober mendatang , yang akan dilanjutkan dengan penyusunan laporan, dari laporan tersebut akan diserahkan ke Kantor Kementerian Agama Kota Padang, untuk diserahkan ke Kanwil Sumatera Barat dalam bentuk publikasi sertifikat yang dirancang melalui format pabrikan dirancang secara Digital sehingga semua pihak terkait untuk memproses sistemnya dan semoga program ini berjalan lancar dan bisa mencapai target yang diharapkan", ujarnya mengakhiri.(HarisTJ/rzk).|Mira