Satu satunya di Sumatera, e-Bimas Islam Kan Kemenag Tanah Datar Resmi Dilaunching Kakanwil

Satu satunya di Sumatera, e-Bimas Islam Kan Kemenag Tanah Datar Resmi Dilaunching Kakanwil
Satu satunya di Sumatera, e-Bimas Islam Kan Kemenag Tanah Datar Resmi Dilaunching Kakanwil

Kakanwil melaunching aplikasi e-Bimas Islam dengan mengklik salah satu menu dari aplikasi tersebut. [Foto:DW]

 

Padang, Humas—Masih dalam kegiatan Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah yang bertempat di Mushala Ikhlas Kakan Kemenag Kab. Tanah Datar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri melaunching Aplikasi e-Bimas Islam.

Berdasarkan penyampaian salah seorang penghulu Kan Kemenag Tanah Datar, Chandra Wesnedi yang dalam kesempatan itu sebagai operator dan pemberi keterangan terkait aplikasi tersebut mengatakan bahwa aplikasi  ini adalah satu-satunya di Sumatera.

Dijelaskannya lebih lanjut e-Bimas Islam merupakan aplikasi Bimas Islam yang berbasis Web. Pada e-Bimas ini ada dua aplikasi yang digunakan oleh 14 KUA di Tanah Datar. Dua aplikasi tersebut yakninya, PTSP dan Laporan Data NR, Keagamaan, seperti Masjid, TPA, Wakaf, dan lain sebagainya.

Di PTSP ada layanan, Pendaftaran NR, Rekomendasi Nikah, Konsultasi kepenghuluan, Hisab rukyat, Ikrar wakaf, dan Konsultasi Keagamaan, serta data-data Seluruh pengawai JFU JFT dan Penyuluh Agama Honorer, juga ASN KUA termasuk Pramu kantor.

“Seluruh data-data yang di isi KUA, mulai PTSP akan langsung masuk ke Aplikasi induk di Bimas,” ujar Chandra Wesnedi yang sering dipanggil orang sebagai gubernur Simkah.

Usai dilaunching, Chandra wesnedi mempraktekan aplikasi Penampung di Bimas dihadapan Kakanwil dan seluruh peserta yang hadir.

Kakanwil mengapresiasi dengan adanya inovasi e-Bimas Islam ini. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini maka data data terkait Bimas Islam bisa valid, akurat, dan akuntable serta ketika dibutuhkan cepat didapatkan. [DW]