Kemenag Dharmasraya Adakan Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan BOP KUA Kecamatan

Kemenag Dharmasraya Adakan Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan BOP KUA Kecamatan

Dharmasraya, Humas—Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya mengadakan Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan BOP KUA Kecamatan di Aula FKUB Dharmasraya, Rabu (09/09).

Menurut Zulhendri selaku Ketua Panitia Kegiatan, KUA Kecamatan adalah ujung tombak Kementerian Agama RI. KUA memiliki 10 tupoksi, salah satunya pencatatan nikah. Juga ada hubungan antar lintas sektoral. Karena itu, Kemenag RI memberikan dana operasional untuk menunjang tugas dan pokok dari KUA.

“Kegiatan ini bagaimana meningkatan SDM pengelola BOP Kecamatan. Tepat prosedur, tepat guna, tepat jumlah, tepat sasaran, tertib, efektik, efesien dan akuntabilitas,” tuturnya.

Pembinaan ini akan dilaksanakan selama dua hari, Rabu s.d Kamis, 09 dan 10 September 2020. Peserta kegiatan sebanyak 17 orang, terdiri dari 10 dari KUA, dan pengelola BOP 7 orang.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Dharmasraya H. Abdel Haq meminta para operator dan Kepala KUA untuk membuat laporan dan kegiatan yang apa adanya. Harus memantapkan makna dari reformasi birokrasi yang bersih.

“Saya memanggil, mulailah hidupkan hati nurani. Tidak karang-mengarang, apa adanya. Penggunaan dana BOP itu harus jelas. Mulai dengan paradigma baru. Walaupun sudah, bisa dimaksimalkan lagi. Sekalipun kita dalam suasana keterbatasan, kekuarngan pegawai,” ajaknya.

Dengan begitu, Kakan Kemenag berharap ke depannya ada tambahan ASN untuk Kemenag Dharmasraya. Ia menyadari bahwa jumlah ASN Kemenag Dharmasraya termasuk yang paling sedikit jumlahnya di antara kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

“ASN kita nomor dua paling sedikit di Sumbar. Walaupun sedikit, prestasi kita tidak di bawah, kita selalu di papan tengah. Alhamdulillah,” syukurnya.

Walapun begitu, Kakan Kemenag yakin dan percaya bahwa Kepala KUA dan operator BOP bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Keterbatasan ASN bukan sebagai halangan. Untuk itu, ia mengajak untuk melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan SOP.

“Apa yang kita kerjakan pasti akan dipertanggungjawabkan. Kalau kita mau, pasti bisa. Mari ikuti orientasi 2 hari ini sebaik-baiknya dan serius. Stigma negatif mari kita hapuskan,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag menyerahkan bantuan covid kepada KUA Kabupaten Dharmasraya. Bantuan ini berasal dari dana BOP yang berupa: becom c, termogun, face shield, hand scoon, antiseptik dan desinfektan. (Indra)vn