Direktur KSKK Kemenag RI Tinjau Lokasi MA Kejuruan di Kabupaten Agam

Direktur KSKK Kemenag RI Tinjau Lokasi MA Kejuruan di Kabupaten Agam
Direktur KSKK Kemenag RI Tinjau Lokasi MA Kejuruan di Kabupaten Agam
Direktur KSKK Kemenag RI Tinjau Lokasi MA Kejuruan di Kabupaten Agam
Direktur KSKK Kemenag RI Tinjau Lokasi MA Kejuruan di Kabupaten Agam
Direktur KSKK Kemenag RI Tinjau Lokasi MA Kejuruan di Kabupaten Agam

Agam, Humas -- Raut bahagia terpancar pada wajah-wajah masyarakat Kabupaten Agam terlebih masyarakat Tiku V Jorong atas kedatangan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Abdullah Umar yang memantau Lokasi Rencana Pembangunan Madrasah Aliah Kejuruan Negeri (MAKN) di Tiku V Jorong Agam (10/9).

Kedatangan Abdullah Umar didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi beserta rombongan disambut Tambua Tansa serta tari pasambahan yang dibawakan Keluarga besar MTSN 5 Agam yang juga membawakan Hymne serta Mars Madrasah dengan syahdu.

Turut menyambut kedatangan rombongan Direktur KSKK, Bupati Agam yang diwakili Sekda Agam H. Martias Wanto, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Agam, Kadis Dikbud agam, Kadis Perkim Agam, Muspika Tanjung Mutiara, Angoota DPRD Kabupaten Agam, Wali Nagari serta tokoh masyarakat.

Memenuhi cita-cita besar untuk memajukan pendidikan anak kemenakan terutama dalam pendidikan keagamaan dalam bentuk madrasah. Masyarakat Tiku V Jorong Agam menyiapkan lahan seluas 10 Hektar sebagai lokasi pembangunan MAKN. Lahan yang merupakan perkebunan sawit milik masyarakat adat setempat dihibahkan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pengihibahan tanah oleh ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tiku V Jorong diterima Kakanwil Kemenag Sumbar dan disaksikan Direktur KSKK Kemenag RI Abdullah Umar. Tanah yang telah bersertifikat atas nama Ketua KAN Tiku V Jorong Abdul Muis Datuak Bandaharo terdiri dari 5 persil tanah. Masing-masing sertifikat terdiri dari 2 Hektar tanah, sehingga total tanah yang dihibahkan seluas 10 Hektar.

Direktur KSKK Kemang RI Abdullah Umar menyambut gembira penghibahan lahan tersebut. Usai memantau langsung lokasi tanah yang dihibahkan ia menyampaikan kondisi tanah yang dihibahkan bagus dan cukup luas untuk pendirian MA Kejuruan.

“Mudah-mudahan semua proses yang dibutuhkan untuk mendirikan Madrasah Aliah Kejuruan Negeri di Sumatera Barat yang letaknya di Kabupaten Agam segera terwujud. Dan tentu semua itu butuh proses dan perlu kajian dari Kemenpan RB. Dan kita berharap niat baik kita bersama untuk memajukan pendidikan bangsa dengan mendirikan Madrasah Aliah Kejuruan Negeri yang sampai saat ini baru dua yang operasional di Indonesia yaitu di Ende NTT dan Mongondow Sulut dapat segera terwujud," ujar Abdullah dalam arahannya.

"Semoga kesungguhan kita bersama untuk memberikan pendidikan terbaik bagi generasi penerus dicatat sebagai amal saleh oleh Allah SWT. Karena allah mengingatkan kita semua untuk merasa takut seandainya meninggalkan di belakang kita generasi yang lemah. Yaitu lemah dalam penguasaan ilmu dan teknologi, lemah dalam ekonomi serta berbagai hal lainnya”, tambah Direktur.

Senada dengan itu Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat Tiku V Jorong serta masyarakat Kabupaten Agam yang sangat tinggi perhatiannya terhadap kemajuan pendidikan keagamaan.

“Sehingga hari ini kita menyaksikan penghibahan lahan seluas 10 hektar untuk pembangunan Madrasah Aliah Kejuruan di Sumatera Barat. Semoga perhatian dan kesungguhan kita untuk memajukan pendidikan madrasah, pendidikan agama dan keagamaan selalu mendapat bimbingan dan dimudahkan Allah. Dan semoga masyarakat Tiku V Jorong terkhusus Bapak A.M Datuak Bandaharo beserta keluarga yang telah mengihibahkan tanahnya diberi Allah kekuatan dan Kesehatan lahir dan Batin," harapnya.

Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi saaat diwawncarai mengungkapkan rasa syukurnya atas kebulatan tekad masyarakat Kabupaten Agam serta seluruh unsur yang ada dalam mendukung dan memajukan pendidikan madrasah.

“Alhamdulillah minat masyarakat dalam memasukkan anak kemenakannya ke madrasah di Kabupaten Agam sangat tinggi. Begitupun perhatian terhadap sarana dan prasarana pendidikan Madrasah. Semoga niat baik kita bersama untuk mewujudnyatakan pendirian Madrasah Aliah Kejuruan Negeri di Kabupaten Agam dimudahkan Allah dan segera terealisasi. Dan terima kasih kepada Bapak Direktur dan Bapak Kakanwil yang sangat besar perhatian dan kesungguhannya dalam mendukung keinginan masyarakat Kabupaten Agam untuk mendirikan MAKN”, pungkasnya. Alwi/vn