Bimbingan Perkawinan Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Perkawinan

Bimbingan Perkawinan Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Perkawinan
Bimbingan Perkawinan Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Perkawinan

Sarilamak-Humas. Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi calon mempelai yang akan melangsungkan pernikahan merupakan program strategis Kementerian Agama dalam Ikhtiar meningkatkan kualitas perkawinan. Hal tersebut ditegaskan H. Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam arahannya pada pembukaan kegiatan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin Kecamatan Suliki Kecamatan Gunung Omeh, Kecamatan Bukit Barisan (16/09) di Gedung UDKP Suliki. 

Lebih lanjut ditegaskan, "Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat dalam upaya membangun kualitas perkawinan yang baik, dengan meningkatnya kualitas perkawinan makan akan lahir keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warrahmah. Kelurahan merupakan unit terkecil dalam sistem sosial yang memiliki peranan strategis dalam membangun masyarakat yang kuat dalam upaya mewujudkan  bangsa yang kuat pula."

Di Samping itu Kakan Kemenag juga menjelaskan "Data yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Tanjung Pati tercatat 424 kasus perceraian dari bulan Januari sampai dengan Juni 2020, angka tersebut tentu sangat merisaukan kita semua, oleh sebab itu saya berharap melalui kegiatan bimbingan perkawinan ini, angka tersebut bisa kita tekan."

Disisi lain H.Naharudin juga menjelaskan bahwa calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan harus paham dan menyadari bahwa kehidupan rumah tangan merupakan satu ikatan yang kuat, ikatan perkawinan merupakan janji suci suami istri dengan Allah SWT. Sekalian lagi saya tekanan  prinsip ini harus saling di pahami anatara suami dan istri sehingga suasana rumah tangga berjalan dengan penuh kasih sayang dibawah lindungan Allah SWT."

"Terakhir atas nama pimpinan lembaga izinkan saya untuk menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada seluruh panitia kegiatan, peserta serta stakeholder pendukung yang telah bahu membahu dalam mensukseskan kegiatan strategis ini", simpul Kakan Kemenag. 

H. Safrijon Kasi Bimas Islam Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan awak media menjelaskan, "kita semua tentu sangat kuatir dengan data angka perceraian khususnya di daerah Lima Puluh Kota, oleh sebab itu seluruh komponen perlu berikhtiar lebih kuat lagi dalam membina serta melestarikan perkawinan yang berkualitas, Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi salah satu upaya dalam mengurangi angaka perceraian tersebut.". 

Dijelaskan juga untuk kegiatan bimbingan perkawinan, panitia telah menyiapkan berbagai materi terkait dengan fiqih rumah tangga, psikologi keluarga, kesehatan keluarga dan lainnya ", kedepannya berbagai materi tersebut tentu akan kita evaluasi agar kegiatan ini dapat melahirkan hasil dan nilai manfaat yang tinggi", pungkas buya Safrijon. (APP) vn