Kakan Kemenag Tanah Datar Buka Bimwin Angkatan I

Kakan Kemenag Tanah Datar Buka Bimwin Angkatan I

Batusangkar. Humas--Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar, H. Syahrul didampingi Kasi Bimas, diwakili H. Abrar membuka secara resmi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Calon Pengantin Kabupaten Tanah Datar Angkatan.I tahun 2020 di MTsN 6 Tanah Datar Batusangkar, Selasa (22/9).

Kakan Kemenag Kabupaten Tanah Datar, H. Syahrul dalam arahannya menjelaskan menikahi  seseorang itu yang harus dipilih adalah karena kecantikannya, karena hartanya, karena Nasab/ Keturunannya dan karena Agamanya.

Calon pengantin mejelang pelaksanaan pernikahan harus mempersiapkan segala sesuatu termasuk dana untuk biaya pernikahan dan kebutuhan rumah tangga setelah dilaksanakan pernikahan tetsebut. 
Pernikahan dalam rumah tangga, pasangan suami isteri itu harus menjalani semua kewajiban dan larangan yang akan dijalaninya dalam mengarungi bahtera rumah tangga menuju Keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Kakan Kemenag, H. Syahrul mengingatkan membangun suatu rumah tangga itu ibarat sebuah kapal yang akan berlayar mengarungi lautan. Untuk berlayar itu terlebih dahulu harus dipersiapkan segala sesuatunya seperti bahan bakarnya, biaya opersionalnya, dan lain sebagainya. Untuk itu persiapkanlah segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum dilangsungkan pernikahan tersebut.

Kakan Kemenag meminta pasangan calon pengantin jika sudah lahir dan mempunyai momongan nanti azankanlah terlebih dahulu kalau ia laki laki dan iqamatkan jika perempuan.Jangan sekali kali putra atau putri kita yang lahir itu diazankan atau diiqamatkan oleh orang lain, tapi lakukanlah oleh ayah kandungnya sendiri.

Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin tersebut digelar selama 2 (dua) hari tanggal 23 dan 24 September 2020, dengan memanfaatkan dana Dipa Bimas Islam Kantor Kemenag Tanah Datar tahun 2020.

Peserta Binwin tersebut diikuti sebanyak 15 pasang ( 30 orang ) yang berasal dari utusan Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar. Selama tahun 2020 ini ada 10 (sepuluh) angkatan  Bimbingan Perkawinan digelar di Kabupaten Tanah Datar.

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin teraebut ialah Dengan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

Selama berlangsungnya kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah tetsebut ada 4 orang Nara Sumber yang akan menyampaikan materi masing masing H. Edison Yusri, (Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar) dengan judul materi Paparan Kebijakan Bimwin dan Mempersiapkan Pernikahan Yang Sakinah.

Kemudian H. Helmi Zuldi, Kasi Penmad Kemenag Kab. Tanah Datar dengan materi Penuhi Kebutuhan Keluarga dan Mempersiapkan Generasi Berkualitas. Edward, Sekretaris Dinas Kesehatan Tanah Datar dengan Judul Materi Menjaga Kesehatan Reproduksi dan Raudhatul Kannah, Penyuluh Agama Islam Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar selaku Pasilitator dengan judul Materi Kontrak Belajar, Preteat , Membangun Hubungan Dalam Keluarga, Refleksi, Postest dan Evaluasi. (Yon)|DW