Sawahlunto Perkenalkan Metode Baru Pembelajaran  Al Quran

Sawahlunto Perkenalkan Metode Baru Pembelajaran  Al Quran
Sawahlunto Perkenalkan Metode Baru Pembelajaran  Al Quran

Sawahlunto, Humas--Pemerintah Kota Sawahlunto melalui bagian kesejahteraan rakyat memperkenalkan sebuah metode baru pembelajaran Al Quran bagi pemula (Non Arab) yang dinamakan “Er-Rahman” kepada sejumlah perwakilan Pondok Tahfiz, Kamis (24/9).

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung Asisten 1 Setdako Sawahlunto, Efrianto didampingi Kabag Kesra H. Zardinal Basyir, Kepala Kankemenag H. Idris Nazar serta jajaran terkait di Ruang rapat Balaikota Sawahlunto.

Menurut Efrianto, jika nanti disepakati bersama, metode Er-Rahman akan diperkenalkan kepada seluruh pengelola Pondok Tahfiz yang ada di Kota Sawahlunto kemudian dilanjutkan kepada TPQ/MDTA.

Selain  wujud dari misi  pertama Walikota Deri Asta-Zohirin Sayuti, metode Er-Rahman diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik dalam mempelajari  Al-Quran di lembaga-lembaga pendidikan Al Quran seperti Pondok Tahfiz, TPQ/MDTA.

“Kalau situasi kondusif serta disepakati, Insya Allah akan dimulai akhir tahun ini dan akan diresmikan tahun depan,” kata Efrianto.

Untuk diketahui, metode Er-Rahman diciptakan Abdur Rahman, Putra  asli Kota Sawahlunto yang berasal dari Desa Lumindai, kini berkiprah sebagai dosen di IAIN Bukittinggi.

Dalam sosialisasi, Abdur Rahman menyebutkan, metode Er-Rahman tidak hanya mempercepat membaca dan menghafal Al Quran semata melainkan peserta mampu memahaminya.

Sebelumnya Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto H. Idris Nazar dalam sambutan meminta Pemko menfasilitasi kegiatan keagamaan tidak hanya di sekolah umum melainkan juga di madrasah. (f@hmi)|DW