Kepala MIN 7 Pessel Persiapkan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Kepala MIN 7 Pessel Persiapkan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Painan, Humas – Dalam rangka menghadapi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM),  Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN 7) Pesisir Selatan efektifkan kinerja guru dan pegawai di Madrasah agar PKKM dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan, Rabu (30/09).

Dalam penjelasannya Azwar Alif selaku kepala Madrasah saat dimintakan penjelasannya seputar Persiapan PKKM tersebut menjelaskan bahwa, pada kegiatan PKKM yang akan datang kita tidak dibolehkan mengadakan acara penyambutan yg berlebihan di madrasah, karena alasan Covid-19 dan ini pun tidak akan mengurangi nilai PKKM yang akan kita peroleh. Dan yang terpenting adalah kesiapan kita dalam menghadapi penilaian PKKM yang akan datang, siap dengan penyajiannya dan juga harus siap pula dengan bukti fisiknya.

Penjelasan lebih jauh juga disampaikan Azwar terkait persiapan PKKM tersebut, sebelum penilaian berlangsung, bukti fisik PKKM sudah dipilah-pilah sesuai item pertanyaan yang telah disampaikan melalui juknis PKKM. Ada lima kelompok Dokumen atau portofolio sebagai bukti fisik yang akan di siapkan pada ruang khusus saat penilaian.

Pada kesempatan itu, Azwar juga mennyamapaikan pesan Kapala Bidang Pendidikan Madrasah Syamsul Harifin bahwa, semua anggota tim akan menilai dengan fair dan adil karena penilaian ini menyangkut personal dari Kapala Madrasahnya, bukan menilai Madrasahnya. Informasi ini dikutip dari himbauan yang disampaikan pihak Penmad Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan melalui Via WA group. 

Osrial Nural, Koordinator Bidang Kurikulum di Madrasah dan juga selaku ketua penggagas kesiapan PKKM juga menyampaikan seputar system yang dibentuk dalam menghadapi PKKM yang akan datang. Ada beberapa kelompok yang dibentuk, dimana masing-masing kelompok bertanggung jawab dalam menyiapkan dan melengkapi atas segala administrasi atau portopolio yang diminta dalam juknis penilaian PKKM, dengan selalu berkoordinasi dengan Kepala Madrasah. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kerja kelompok dalam menyiapkan segala hal yang di butuhkan dan juga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Kepala Madrasah. Karena yang akan dinilai adalah kinerja Kepala dan bukan penilaian Madrasah.

Dengan selalu berkoordinasi dengan Kepala Madrasah, diharapkan segala administrasi yang di persiapkan sesuai dengan harapan Kepala Madrasah itu sendiri. Kita berharap penilaian PKKM yang akan datang dapat berjalan sesuai denga apa yang menjadi harapan kita bersama, terutama harapan dari Kepala Madrasah yaitu dapat tampil semaksimal mungkin didepan Tim penilai PKKM nantinya.

"Masalah hasil, kita serahkan saja kepada Tim penilai yang berkompeten, dengan tetap selalu berdoa kepada Allah SWT untuk keberhasilan PKKM nantinya," tutup Osrial. [Melni]|DW